Statistik Hotel Kalimantan Utara: Peningkatan Tingkat Penghunian Kamar dan Tren Kunjungan Wisatawan Mancanegar

Statistik Hotel Kalimantan Utara: Peningkatan Tingkat Penghunian Kamar dan Tren Kunjungan Wisatawan Mancanegar

Statistik Hotel Kalimantan Utara: Peningkatan Tingkat Penghunian Kamar dan Tren Kunjungan Wisatawan Mancanegara.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

KALIMANTAN UTARA, PALPOS.ID - Statistik Hotel Kalimantan Utara: Peningkatan Tingkat Penghunian Kamar dan Tren Kunjungan Wisatawan Mancanegara.

Publikasi terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Utara telah dirilis, membawa data komprehensif tentang sektor Hotel dan Akomodasi Lainnya untuk tahun 2022. 

Melibatkan survei bulanan dan tahunan, laporan ini memberikan wawasan mendalam tentang Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang, hotel non bintang/akomodasi lainnya, dan kunjungan wisatawan mancanegara. Mari kita telusuri secara rinci.

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Berbintang

Pada bulan November 2022, TPK hotel berbintang di Provinsi Kalimantan Utara mencapai 47,62 persen, mengalami penurunan sebesar 2,65 poin dari Oktober 2022 yang tercatat sebesar 50,26 persen. 

BACA JUGA:Mosaik Budaya dan Tantangan Pendidikan di Kalimantan Utara

BACA JUGA:Mengungkap Sejarah Negeri-Negeri di Kalimantan: Dari Mandala Berau Hingga Terbentuknya Kalimantan Utara

Analisis mendalam terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan ini perlu diperhatikan untuk memahami dampaknya pada industri pariwisata.

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Non Bintang/Akomodasi Lainnya

Sebaliknya, TPK hotel non bintang/akomodasi lainnya mengalami peningkatan sebesar 2,45 poin pada November 2022, mencapai 32,57 persen dibandingkan dengan 30,13 persen pada Oktober 2022. 

Apa yang mendasari kenaikan ini, dan apa implikasinya untuk pelaku bisnis di sektor ini?

Total Kunjungan Wisatawan Mancanegara

Meskipun terjadi penurunan sebanyak 130 kunjungan pada November 2022, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Kalimantan Utara tetap mencapai 1.293. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Utara: Melangkah ke Masa Depan Lebih Luas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: