Warga Desa Tanjung Kemala Beraktivitas Pakai Perahu Tongkang

Warga Desa Tanjung Kemala Beraktivitas Pakai Perahu Tongkang

Warga terpaksa menggunakan perahu tongkang untuk membawa sepeda motornya melintasi banjir. Foto: Istimewa--

BATURAJA, PALPOS.ID - Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten OKU sejak beberapa hari ini, ternyata membuat warga Dusun V Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Lubuk Batang harus putar otak agar bisa tetap beraktitas meskipun kawasan mereka terendam air hingga ketinggian lima meter.

Ya, sejak dua hari ini kawasan yang setiap tahun menjadi langganan banjir tersebut memang terendam air hingga mencapai lima meter. 

BACA JUGA:Kompak Gotong Royong Bersihkan Kawasan Langganan Banjir

Tak hayal perangkat desa setempat terpaksa harus menyiapkan perahu tongkang yang diperuntukan untuk mengangkut warga setempat berikut sepeda motor milik mereka. 

"Jika tidak begitu mereka tidak bisa beraktivitas, karena jalan di kawasan itu sudah tidak bisa dilalui lagi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU, Januar Efendi melalui Manager Pusdalops, Gunafi, Selasa (5/12/2023).

Kondisi ini lanjut Gunafi, bakal semakin parah kalau hari ini Kabupaten OKU kembali diguyur hujan deras seperti sejak beberapa hari ini. "Kita doakan saja hari ini tidak hujan, sehingga genangan airnya bisa surut," tegasnya.

BACA JUGA:Polres OKU Tingkatkan Pengamanan di Kantor KPU

Menurut Gunafi, jika seandainya nanti hujan kembali mengguyur Kabupaten OKU, maka otomatis debit air Sungai Ogan akan semakin tinggi.

Jika hal itu terjadi, maka bisa dipastikan genangan air di Dusun V Desa Tanjung Kemala bisa ikut meninggi. "Kalau hal ini terjadi, maka seluruh warga di sana terpaksa harus kita evakuasi ke lokasi yang lebih aman," katanya.

Yang jelas kata Gunafi lagi, pihaknya saat ini telah menyiagakan personil di lokasi banjir tersebut guna membantu warga beraktivitas. "Kita siaga 24 jam," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: