Sambut Baik Rencana Survey Seismik 2D Amalia SKK Migas

Sambut Baik Rencana Survey Seismik 2D Amalia SKK Migas

Suasana sosialisasi rencana survey seismik 2D Amalia SKK Migas di OKU. Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU mendukung rencana Survey Seismik  2D Amalia SKK Migas-PT Pertamina EP. Selama pelaksanaan survey atau beroperasi di Kabupaten OKU akan memberikan manfaat mendorong kesejahteraan masyarakat sekitar

Hal itu disampaikan Sekda OKU, Dharmawan Irianto pada kegiatan  Sosialisasi Survei Seismik 2D Amalia di Hotel The Zuri Baturaja, Selasa (12/12/2023). “Kita bantu kelancaran seismik, apabila ada kendala segera konsultasikan dengan pihak-pihak terkait,” kata Sekda.

Sekda menjelaskan, tujuan setrategis dari kegiatan seismik ini adalah untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi yang bermuara kepada kesejahtraan masyarakat.

BACA JUGA:Teddy Santuni Biaya Pengobatan Pelajar di OKU

Sementara Bambang Dwi Djanuarto dari SKK Migas Perwakilan Sumbagsel menjelaskan, dalam upaya mewujudkan ketahanan energi nasional dan merealisasikan produksi minyak 1 juta barel per hari, SKK Migas-PT Pertamina EP menggelar Sosialisasi Survei Seismik 2D Amalia di Hotel The Zuri Baturaja.

Sedangkan kawasan yang dilewati survei di Kabupaten OKU meliputi 3 kecamatan yaitu Semidang Aji, Pengandonan dan Muara Jaya.

Survei seismik 2D Amalia merupakan survei tahap awal, secara sederhana survei ini sepert irontgen atau ultrasonografi (USG) untuk mengetahui kondisi di dalam tubuh kita, namun yang membedakan jika rontgen atau USG pasiesn  yang datang ke rumah sakit, sedangkan dalam survei ini petugasnya yang datang ke wilayah-wilayah tersebut untuk memotret lapisan bawah permukaan bumi. 

BACA JUGA:Kejari OKU Bagikan Stiker Anti Korupsi

"Daerah yang disurvei merupakan daerah yang beruntung karena tidak semua daerah bisa mendapatkan kesempatan dilewati survei ini," tegasnya.

Adapun tahap pelaksanaannya dimulai dari perizinan, kemudian sosialisasi tingkat kabupaten, sosialisasi tingkat kecamatan, topografi (pengukuran lintasan), penyiapan lintasan, pendataan lahan yang dilewati survei, sosialisasi desa, pengeboran dangkal, penanaman sumber getar, pendataan fisik bangunan,perekaman, setelah ituperbaikan fisik bangunan dan kompensasi sesuai dengan peraturan yang berlaku, tidak ada pembebasan lahan dan diakhiri dengan penutupan.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari segenap elemen masyarakat OKU agar Survei Seismik 2D Amalia yang diamanahkan negara kepada Pertamina EP dan dilaksanakan oleh Elnusa ini dapat berjalan dengan lancar, sehingga mendapatkan data lapisan bawah permukaan bumi terbaru guna memenuhi kebutuhan energi nasional di masa mendatang,” kata Bambang Dwi Djanuarto. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: