Bukan Hanya Wangi Semerbak, Ini 5 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan

Bukan Hanya Wangi Semerbak, Ini 5 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan

5 manfaat bunga kenanga bagi kesehatan.-@tangkapan layar medsos-dokumen /Palpos.Id

KESEHATAN, PALPOS.ID - Bunga kenanga atau Cananga odorata, yang tumbuh subur di Indonesia dan sejumlah negara Asia, tidak hanya terkenal karena keindahannya yang memukau, tetapi juga karena wanginya yang semerbak.

Selama ini, bunga kenanga banyak dimanfaatkan dalam industri parfum sebagai bahan utama, tetapi tahukah Anda bahwa kebaikan bunga kenanga tidak hanya terbatas pada dunia kecantikan? Ternyata, bunga kenanga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang menakjubkan.

1. Antiseptik Alami

Bunga kenanga memiliki sifat antiseptik alami yang dapat membantu melawan kuman dan bakteri. Ekstrak dari bunga ini dapat digunakan untuk membersihkan luka atau goresan kecil, membantu mencegah infeksi, dan mempercepat proses penyembuhan. Sifat antiseptiknya membuat bunga kenanga menjadi pilihan alami untuk perawatan luka dan kulit.

BACA JUGA:Daun Kemangi Selain Enak Jadi Lalapan Ternyata Dapat Mengurangi Stres

BACA JUGA:Pencinta Kopi Wajib Tahu, di Balik Rasanya yang Lezat Ternyata Kopi Dapat Memicu Pengeroposan Tulang

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Wanginya yang lembut dan menenangkan membuat bunga kenanga memiliki peran penting dalam menciptakan suasana tidur yang nyaman. Minyak esensial kenanga dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk membantu merilekskan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur. Sebuah studi menunjukkan bahwa aroma bunga kenanga dapat merangsang produksi hormon melatonin, yang berperan dalam mengatur siklus tidur.

3. Meredakan Stres dan Depresi

Aroma yang menyenangkan dari bunga kenanga juga dapat membantu meredakan stres dan depresi. Minyak esensial kenanga memiliki sifat relaksan yang dapat menenangkan sistem saraf dan mengurangi tingkat kecemasan. Aromaterapi dengan bunga kenanga dapat menjadi metode alami untuk meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional.

BACA JUGA:Kenali 4 Jenis Ketombe, Rambut Keriting Lebih Rentan Kena Ketombe

BACA JUGA:Bukan Hanya Manis dan Lezat, Ini 10 Manfaat Buah Kurma, Nomor 4 Bagus untuk Kesehatan Jantung

4. Afrodisiak Alami

Selain manfaat kesehatan mental, bunga kenanga juga memiliki reputasi sebagai afrodisiak alami. Aroma sensualnya diyakini dapat merangsang hasrat dan meningkatkan gairah seksual. Oleh karena itu, bunga kenanga sering digunakan dalam berbagai produk kecantikan dan minyak pijat untuk menciptakan suasana romantis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: