Pemekaran Kabupaten Cirebon Timur: Upaya Solusi Kepadatan Penduduk di Provinsi Jawa Barat

Pemekaran Kabupaten Cirebon Timur: Upaya Solusi Kepadatan Penduduk di Provinsi Jawa Barat

Pemekaran Kabupaten Cirebon Timur: Upaya Solusi Kepadatan Penduduk di Jawa Barat--youtube @pejalan malas

CIREBON, PALPOS.ID - Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon saat ini berbagi penggunaan wilayah di Provinsi Jawa Barat, terletak di Pantai Utara Jawa Barat bagian Timur.

Kabupaten Cirebon, yang mencakup 40 kecamatan dan 424 desa atau kelurahan, memiliki populasi sekitar 2.290.967 jiwa pada tahun 2021 dengan luas wilayah 1.070,29 km2.

Kepadatan penduduk Kabupaten Cirebon mencapai 2.142 per km2.

Untuk mengatasi kepadatan populasi, Komite Pemekaran Cirebon Timur (KPCT) menekankan pentingnya percepatan Pemekaran Cirebon Timur, mengingat kondisi geografis dan kebutuhan layanan masyarakat.

BACA JUGA:Pemekaran Kabupaten Cirebon Timur di Jawa Barat: Antara Ambisi dan Tantangan

BACA JUGA:Suzuki eReady Run: Pesona Motor Listrik Imut dan Canggih, Lawan Tangguh Honda EM1 e

Rencana pemekaran tersebut akan mencakup 18 kecamatan dari total 40 kecamatan di Kabupaten Cirebon, melibatkan 191 desa atau kelurahan.

Jumlah penduduk di 18 kecamatan ini mencapai sekitar 944.703 jiwa atau sekitar 41,24 persen dari populasi total.

Kecamatan yang akan tergabung dalam wilayah baru ini antara lain Ciledug, Losari, Babakan, Pabedilan, Mundu, Sedong, Beber, Lemahabang, Susukan Lebak, Gebang, Karangwereng, Waled, Astanajapura, Greged, Karangsembung, Pangenan, dan Pabuaran.

Batas wilayah Calon Daerah Baru Kabupaten Cirebon Timur meliputi Laut Jawa di sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah (Kabupaten Brebes) di sebelah timur, Kabupaten Kuningan di sebelah selatan, dan Kabupaten Cirebon serta Kota Cirebon di sebelah barat.

BACA JUGA:Kota Cirebon Provinsi Jawa Barat: Pusat Pemerintahan Baru Calon Provinsi Cirebon

BACA JUGA:Kembalinya Raja Off-Road : Toyota Land Cruiser2024 Mendominasi dengan Fitur dan Harga Mengejutkan !

Berdasarkan ilustrasi peta, wilayah induk akan mencakup 574,16 km2 atau sekitar 53,65 persen dari luas sebelum pemekaran, dengan populasi sekitar 1.346.264 jiwa dan kepadatan penduduk sekitar 2.345 jiwa per km2.

Jika pemekaran Kabupaten Cirebon Timur berhasil, Kabupaten Cirebon akan terdiri dari 22 kecamatan dengan 233 desa atau kelurahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: