Pemdes Lubuk Batang Baru Launcing Aplikasi Desa Pedia

Pemdes Lubuk Batang Baru Launcing Aplikasi Desa Pedia

Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah saat menghadiri launcing aplikasi Desa Pedia. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah menghadiri acara launcing aplikasi Desa Pedia yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Batang Baru, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Rabu 27 Desember 2023.

Kepala Desa Lubuk Batang Baru, Randi Arnofan mengatakan, tercetusnya ide program Sistem informasi berbasis digital itu adalah untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat. 

Dirinya bersama pemerintah desa menggagas ide itu sudah sejak tahun 2019 silam. "Namun lantaran pada waktu itu kita dilanda pandemi covid -19 makanya baru terealisasi di tahun 2023 ini. Dan kaitannya, belum lama ini Kabupaten OKU telah mendapat reward smart city. Nah, sebagian untuk dukungan Pemdes Lubuk Batang Baru makanya kita buat aplikasi ini untuk mempermudah layanan di desa kami,” ucap Randi.

BACA JUGA:KAI Mulai Buat Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru

BACA JUGA:Ratusan Warga OKU Serbu Pasar Murah

Randi menuturkan di era digitalisasi seperti saat ini, pemerintah desa pun dinilai perlu mengikuti perkembangan zaman. Sebab jika tidak tentu akan tertinggal dari daerah lain.

Masih menurut Randi jika diurutkan diperingkat nasional Desa Lubuk Batang Baru berada pada urutan 234 dari 74.960 desa yang ada di Indonesia. Dan untuk tingkat Provinsi Sumsel, desanya berada diurutan ke 2.

Sementara Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah sangat mendukung program yang digagas Pemerintah Desa Lubuk Batang Baru itu. Menurutnya, digitalisasi adalah kata kunci dizaman modern ini agar tidak tergilas zaman.

BACA JUGA:Pemkab OKU Buka Akses Internet Masuk Desa di Kecamatan Lengkiti

BACA JUGA:Pemkab OKU Gelar Rapat Persiapan Hadapi Bencana Alam

“Kami Pemkab OKU menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas inovasi pemerintah Desa Lubuk Batang Baru ini. Gagasan ini sangat membanggakan bagi kabupaten OKU. Dan menurut saya Randi Arnofan ini merupakan salah satu kades visioner, karena apa yang belum kita pikirkan, dia telah berfikir sampai kesitu,” ucap Teddy.

Teddy mengimbau kepada para kades di OKU yang lainnya agar dapat melakukan inovasi- inovasi di desa untuk mensejahterakan masyarakatnya.

“Karena goalnya adalah kemakmuran rakyat. Kalau memungkinkan, silahkan tiru inovasi yang dilakukan oleh Kades Lubuk Batang baru ini. Berlombalah untuk menjadikan desa kita menjadi yang terbaik,” pesannya.

Teddy percaya bahwa apa yang digagas oleh Pemdes Lubuk Batang Baru akan membawa banyak manfaat. Bukan saja mempermudah perangkat desa dalam bekerja, namun juga akan berdampak pada perekonomian desa.  (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: