Pemekaran Kabupaten Majalengka: Wacana Pembentukan Kabupaten Bantal Cimale atau Kabupaten Cikijing

Pemekaran Kabupaten Majalengka: Wacana Pembentukan Kabupaten Bantal Cimale atau Kabupaten Cikijing

Pemekaran Kabupaten Majalengka: Wacana Pembentukan Kabupaten Bantal Cimale atau Kabupaten Cikijing.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

JAWA BARAT, PALPOS.ID - Pemekaran Kabupaten Majalengka: Wacana Pembentukan Kabupaten Bantal Cimale atau Kabupaten Cikijing.

Rencana pemekaran 44 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Barat menimbulkan sejumlah wacana, salah satunya adalah usulan pemekaran Kabupaten Majalengka. 

Pemekaran ini mengusulkan pembentukan kabupaten otonomi baru yang diberi nama Kabupaten Bantal Cimale atau Kabupaten Cikijing. 

Meskipun moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) belum dicabut oleh Pemerintah Pusat, aspirasi warga dan tokoh masyarakat memperkuat gagasan tersebut.

BACA JUGA:BPS Umumkan Lima Kabupaten dengan Penduduk Miskin Terbanyak di Jawa Barat Tahun 2022

BACA JUGA:Kemajuan Pesat Jawa Barat: Kabupaten Garut Incar Pembentukan Daerah Otonomi Baru

Pada rencana ini, Kabupaten Bantal Cimale akan mencakup 9 kecamatan, yaitu Kecamatan Cikijing, Bantarujeg, Banjaran, Talaga, Argapura, Maja, Malausma, Lemahsugih, dan Cingambul. 

Ibu kota Kabupaten Bantal Cimale diwacanakan berada di Kecamatan Cikijing.

Jika pemekaran ini terlaksana, luas wilayah Kabupaten Bantal Cimale diperkirakan mencapai 416 kilometer persegi, setara dengan 34.6 persen dari luas Kabupaten Majalengka yang mencapai 1.204 kilometer persegi. 

Penduduk Kabupaten Bantal Cimale diperkirakan mencapai lebih dari 339 ribu jiwa atau sekitar 27 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Majalengka saat ini, yang mencapai lebih dari 1.328 juta jiwa menurut sensus penduduk BPS tahun 2022.

BACA JUGA:Moratorium Pemekaran Daerah: Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat Berada di Garis Depan

BACA JUGA:Bandung Kota: Keindahan dan Sejarahnya yang Memukau di Jawa Barat

Ketua Umum Padepokan Talaga Manggung, Tatan Hartono, menyatakan bahwa wacana pembentukan Kabupaten Bantal Cimale sudah beredar sejak lama sebagai aspirasi dari masyarakat Kabupaten Majalengka bagian selatan. 

Hartono menegaskan komitmen untuk terus berkoordinasi dan berjuang agar pembentukan Kabupaten Bantal Cimale bisa terealisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: