Aspirasi Warga dan Tokoh Masyarakat, Kabupaten Muba Timur Siap Pemekaran di Provinsi Sumsel

Aspirasi Warga dan Tokoh Masyarakat, Kabupaten Muba Timur Siap Pemekaran di Provinsi Sumsel

Pemekaran Wilayah Musi Banyuasin: Aspirasi Pembentukan 3 Kabupaten Baru di Sumatera Selatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SUMATERA SELATAN, PALPOS.ID - Aspirasi Warga dan Tokoh Masyarakat, Kabupaten Muba Timur Siap Pemekaran di Provinsi Sumsel.

Pemekaran Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menghadapi dorongan kuat dari warga dan tokoh masyarakat setempat untuk membentuk Kabupaten Muba Timur. 

Meskipun moratorium Daerah Otonom Baru (DOB) belum dicabut oleh Pemerintah Pusat, persiapan pembentukan kabupaten baru ini sudah mencapai tahap matang.

Aspirasi masyarakat terwujud dalam pembentukan Kabupaten Muba Timur, yang melibatkan penggabungan lima kecamatan dari Kabupaten Musi Banyuasin. 

BACA JUGA:4 Daerah Penghasil Orang Pintar di Sumatera Selatan, Daerah Mana Saja Ya! Ini Juaranya

BACA JUGA:Tari Erai-Erai Warisan Budaya Tak Benda yang Menggembirakan di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan

Logo resmi kabupaten tersebut telah disiapkan dengan semboyan 'Sebiduk Sehaluan', menampilkan perisai berwarna hijau yang melambangkan kesuburan, dengan lambang padi dan kapas yang melingkari kobaran api dan aliran air.

Pada tahun 2018, berkas usulan pembentukan Kabupaten Muba Timur telah diserahkan ke DPRD Musi Banyuasin. 

Presidium Pembentukan Kabupaten Muba Timur (PPKMT) telah aktif berkoordinasi dengan berbagai pihak dan melakukan audiensi dengan Wakil Gubernur Sumsel, H Mawardi Yahya, yang memberikan dukungan positif terhadap pembentukan Kabupaten Muba Timur.

Lima kecamatan yang menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan Kabupaten Muba Timur adalah Babat Supat, Keluang, Lalan, Sungai Lilin, dan Bayung Lencir. 

BACA JUGA:Mewujudkan Demokrasi Berkualitas: Pengumuman Calon Komisioner KPU Terpilih di Kawasan MLM Sumatera Selatan

BACA JUGA:Ini Nama-nama Calon Komisioner KPU Kabupaten/Kota Terpilih di Sumatera Selatan, Selamat Ya!

Rencana menetapkan ibukota Kabupaten Muba Timur di Kecamatan Sungai Lilin juga telah diumumkan.

Ahmad Toha SpdI, inisiator pembentukan Kabupaten Muba Timur dan anggota PPKMT, menekankan bahwa upaya tersebut bukan semata-mata demi kepentingan politik atau pribadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: