Diskominfo OKU Akan Integrasikan Seluruh OPD Dalam Satu Aplikasi

Diskominfo OKU Akan Integrasikan Seluruh OPD Dalam Satu Aplikasi

Kepala Dinas Kominfo OKU, Priyatno Darmadi. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten OKU berencana untuk mengintegrasikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah tersebut melalui satu layanan aplikasi.

"Program tahun 2024 ini, Kominfo OKU akan mencoba mengintegrasikan seluruh aplikasi dari OPD di OKU dalam satu layanan," ujar Kepala Dinas Kominfo OKU, Priyatno Darmadi, Selasa 9 Januari 2024.

Menurut Priyatno, pihaknya akan berkolaborasi dengan Dinas Kearsipan menggunakan aplikasi "SRIKANDI" dan juga berkerja sama dengan Bapelitbangda untuk mengintegrasikan aplikasi "SDI" Satu Data Indonesia.

BACA JUGA:Diskominfo OKU Perkuat Jaringan Internet di OPD

BACA JUGA:Diskominfo OKU Bangun Jaringan Internet di 10 Desa

"Beberapa aplikasi yang sudah dibuat oleh Kominfo sendiri juga akan diintegrasikan. Untuk itu, dukungan dari seluruh OPD diperlukan karena databasenya tersebar di seluruh OPD. Kami hanya akan membuat aplikasi induknya, yaitu 'OKU CINDE,'" ungkap Priyatno.

Integrasi satu layanan aplikasi ini merupakan target Kominfo ke depan, terutama setelah Pemerintah Kabupaten OKU meraih penghargaan Smart City pada tahun 2023, yang diterima langsung oleh Plt Bupati OKU, H. Teddy Meilwansyah.

"Dengan adanya Smart City serta master plan ini, langkah kita akan lebih terarah untuk menuju OKU Smart City," lanjut Priyatno.

Harapannya, integrasi satu layanan aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat dan meningkatkan optimalisasi potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) OKU.

BACA JUGA:Diskominfo OKU Akan Atasi Blank Spot di Kawasan Desa Seleman, Ini Solusinya...

BACA JUGA:OKU Dukung Pengoperasian Bandara Gatot Subroto

"Dengan harapan ini, layanan kepada masyarakat akan lebih mudah, yang pada gilirannya dapat mengoptimalkan potensi PAD. Melalui program Smart City, potensi keunggulan OKU akan lebih terungkap," tutup Priyatno. 

Sebelumnya, guna menunjang program Smart City, Pemkab OKU telah melakukan beberapa terobosan. Yakni melalui program internet desa.

Sudah dua desa yang menikmati program internet desa. Yakni  Desa Segara Kembang dan Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Lengkiti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: