PGN Tbk dan Gagas Energi Lakukan Inovasi: Pemanfaatan Bio-CNG dari Limbah Sawit Pertama Kali di Indonesia

PGN Tbk dan Gagas Energi Lakukan Inovasi: Pemanfaatan Bio-CNG dari Limbah Sawit Pertama Kali di Indonesia

--

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Rosa Permata Sari, menegaskan bahwa kerjasama ini bukan hanya tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara PGN dan KIS di G20 Bali 2022, tetapi juga merupakan komitmen dalam memperluas pemanfaatan energi ramah lingkungan.

Rosa menyatakan, kerjasama ini merupakan bentuk komitmen PGN dalam memperluas pemanfaatan energi ramah lingkungan dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh negeri ini serta dapat menjadi contoh bagi pemanfaatan sumber baru terbarukan yang sustainable.

BACA JUGA:Mulai Rp 3,6 Juta Jaringan Gas PGN Membantu Pelaku Usaha Lebih Hemat

BACA JUGA:PGN Meraih Dua Penghargaan Bergengsi di Ajang Keterbukaan Informasi Digital 5.0 2023

"Kerjasama pemanfaatan Bio-CNG antara Gagas dan KIS untuk pelanggan ritel adalah langkah baru yang kami lakukan untuk mendukung Pemerintah guna mencapai target Net Zero Emission di tahun 2060," ujarnya.

Langkah ini tidak hanya menjadi inovasi dalam industri energi di Indonesia, tetapi juga menggambarkan dukungan terhadap pengembangan teknologi ramah lingkungan.

PGN memetakan bahwa Bio-CNG bisa menjadi opsi untuk meningkatkan pasokan gas bumi di wilayah Sumatera, Kalimantan, dan sekitarnya.

BACA JUGA:PGN Insiatif kembangkan LNG Bunker Service, Ini Alasannya

BACA JUGA:PGN Raih Bronze Stevie di International Business Awards 2023: Suksesnya Program Bedah Dapur Gas Kita

Karakter Bio-CNG yang mirip dengan gas bumi memungkinkan fleksibilitas mekanisme swap antara kedua jenis komoditas, termasuk pemanfaatan infrastruktur yang dimiliki PGN.

Pengembangan proyek Bio-CNG diharapkan dapat menjadi sumber energi baru terbarukan yang membantu menekan ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dan mendukung upaya untuk mencapai target Net Zero Emission.

Gagas, sebagai penyedia energi ramah lingkungan melalui moda Beyond Pipeline, meresmikan kerjasama dengan KIS pada akhir tahun 2023 dan memperkuatnya melalui pertemuan pada 10 Januari 2024.

BACA JUGA:Bantu Kemajuan Pertanian Karet Desa Pagardewa, PGN Gandeng Masyarakat Kembangkan Pupuk Organik Dewa Pupuk

BACA JUGA:PGN Bersama JGC, Osaka Gas dan Inpex Bangun Proyek Biomethane Berbasis Limbah Kelapa Sawit

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Rosa Permata Sari, Direktur KIS, K. R. Raghunath, dan Direktur Utama Gagas, Muhammad Hardiansyah di Kantor Pusat PGN di Jakarta.

Dalam skema kerjasama pemanfaatan Bio-CNG, KIS akan mengolah limbah cair kelapa sawit sehingga menghasilkan gas yang karakteristiknya menyerupai gas bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: