Palembang Siaga Banjir, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa Instruksikan Camat dan OPD Turun ke Lapangan

Palembang Siaga Banjir, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa Instruksikan Camat dan OPD Turun ke Lapangan

Pj Walikota Palembang, Ratu Dewa meninjau banjir--kominfo palembang

PALEMBANG, PALPOS.ID- Mengantisipasi potensi banjir akibat kiriman air dari daerah lain, Penjabat Walikota Ratu Dewa telah memberikan instruksi kepada para Camat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk siaga dan turun langsung ke lapangan.

Langkah ini diambil sebagai bentuk kewaspadaan agar pemerintah dapat bertindak lebih cepat jika terjadi peningkatan air yang berasal dari daerah aliran sungai lainnya.

Peningkatan curah hujan yang signifikan juga menjadi faktor penyebab banjir belakangan ini di beberapa daerah Provinsi Sumatera Selatan, termasuk Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dan Kota Prabumulih.

BACA JUGA:400 Lampu Jalan di Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang Diperbaiki

BACA JUGA:Pemkot Palembang Konsisten Mengurangi Tingkat Kemiskinan Ekstrem, 100 Warga IT I Terima Paket Sembako

"Saya memerintahkan seluruh Camat dan OPD terkait untuk segera turun langsung ke lapangan dalam rangka mengantisipasi genangan air dan potensi banjir," ujar Ratu Dewa pada hari Minggu (14/1/2024).

Dia menjelaskan bahwa kenaikan air sungai disebabkan oleh kiriman air dari hulu Sungai Ogan, Lematang, Sungai Rawas, dan sungai lainnya. 

Selain itu, tinggi air laut juga mencapai posisi 4 berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

BACA JUGA:Kabar Gembira! Tendik Akhirnya Bisa Ikut Seleksi CASN 2024, Ini Kata Pj Walikota Palembang

BACA JUGA:Giliran Kecamatan Alang Alang Lebar Dapat Bantuan Paket Sembako dari Pemkot Palembang

Oleh karena itu, masyarakat juga diingatkan untuk lebih berhati-hati dan tidak membuang sampah sembarangan agar saluran air tidak tersumbat.

"Penduduk yang tinggal di sekitar Sungai Musi juga diimbau untuk lebih waspada, terutama saat air sedang pasang. Ini menjadi perhatian bersama untuk lebih meningkatkan kewaspadaan," tambahnya.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: