Bobol Rumah, Modus Pura-pura Bertamu, Komplotan Curas Antar Daerah Dibekuk

Bobol Rumah, Modus Pura-pura Bertamu, Komplotan Curas Antar Daerah Dibekuk

Tampak komplotan spesialis bobol rumah di Muara Enim berhasil diamankan.-Foto : Febi/Palpos-

BORGOL,PALPOS.ID- Komplotan pelaku spesialis bobol rumah antar daerah berhasil dibekuk Team Rajawali Satreskrim Polres Muara Enim.

Pasalnya, setidaknya enam rumah kosong berhasil dibobol komplotan dan menggondol barang-barang berharga.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra didampingi Kasat Reskrim AKP Darmanson dan Kabag Humas AKP RTM Situmorang pada Konfrensi Press di Mapolres Muara Enim, Selasa,16 Januari 2024.

Adapun keempat tersangka yang semuanya warga Kota Palembang yakni Fajudin Efendi alias Kevin (46), Iwan alias Bomer (42), Meysandi alias Mang Lokak (39) dan Sarbani alias Niku (57).

BACA JUGA:Gunakan Tangki Modifikasi, Berulang Kali Antri Solar

BACA JUGA:Mantan Direktur PT Mura Sempurna Kembalikan Dana Korupsi, Andriyanto Restitusi Kerugian Negara Rp730 Juta

Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra, mengatakan bahwa komplotan spesialis bobol rumah ini beraksi antar daerah, sebab mereka yang berasal dari Palembang sengaja datang ke daerah-daerah untuk melakukan pencurian dengan cara membobol rumah kosong atau yang sedang tidak ada penghuninya.

Setidaknya untuk di wilayah hukum Polres Muara Enim ada enam laporan yakni di Tanjung Enim sebanyak lima laporan dan di Muara Enim sebanyak satu laporan.

Adapun modus komplotan ini, lanjut Kapolres, mereka akan mencari rumah kosong secara acak.

Setelah didapat mereka  mendatangi rumah tersebut dengan berpura-pura bertamu dan mengetok dan menggedor pintu rumah korban untuk memastikan rumah tersebut kosong dan tidak berpenghuni.

BACA JUGA:Masalah Refinery, Larangan tidak Diindahkan Masih Ada Kegiatan Refinery Ilegal di Keluang Muba Terbakar !

BACA JUGA:Tabrakan Beruntun di Tol Indralaya-Prabumulih : 1 Orang Tewas, 2 Lagi Terluka Parah !

Setelah mengetahui rumah tersebut kosong lalu para pelaku langsung melancarkan aksinya dengan cara membuka secara paksa dan merusak jendela rumah dengan menggunakan obeng dan linggis.

Setelah terbuka para Pelaku masuk kedalam rumah korban dan menguras harta dan barang yang ada didalam rumah korban dan langsung melarikan diri.

"Dari sekian banyak yang agak menonjol ketika para pelaku membobol rumah Korbannya L. Manurung (39) warga di Jalan Baru Karang Raja, Kecamatan Muara Enim yang berhasil menggondol emas sebanyak 5 suku, kalung berlian, cincin berlian, gelang berlian dan uang tunai sebanyak Rp 1 juta yang berada di dalam lemari kamar utama. Akibat dari kejadian tersebut korban mengalami kerugian sekitar Rp 41 juta," ujar Jhoni.

Saat ini, kata Kapolres, pihaknya selain mengamankan para pelaku juga barang bukti yakni satu buah linggis, satu buah obeng bentuk pipih yang telah di modifikasi bergagang plastik warna Hitam bertuliskan moto roll, satu buah obeng min jenis Crisbow bertuliskan Proseries, satu unit sepeda motor Honda Beat warna Magenta Hitam, dan satu unit sepeda motor Honda Beat warna Merah.

BACA JUGA:Innalilahi...., Bocah 8 Tahun Meninggal Tragis! Pelakunya Diduga Ibu Kandung Sendiri

BACA JUGA:Polsek Muara Kuang Berhasil Gagalkan Aksi Pencurian Mesin Pompa Air, Dua Pelaku Diamankan Satu DPO

“Atas perbuatan mereka akan dikenakan pasal 363 Ayat (1), Ke 4 dan ke 5 KUH Pidana,” jelasnya.

Sementara menurut tersangka, Meysandi alias Mang Lokak (39), bahwa mereka sengaja datang ke daerah-daerah untuk membobol rumah kosong karena relatif sepi bila dibandingkan di Palembang.

Adapun modusnya, mereka akan mencari dan melihat rumah-rumah yang kosong atau tidak berpenghuni. Setelah yakin kosong, mereka akan masuk dengan berpura-pura bertamu menanyakan alamat seseorang.

Ketika diketok atau dipanggil-panggil tidak ada yang menyahut atau merespon, kata dia, barulah mereka beraksi dengan membobol rumah tersebut untuk mengambil barang-barang berharga seperti uang, perhiasan dan barang lainnya yang cepat untuk dijual.

BACA JUGA:Polsek Muara Kuang Berhasil Gagalkan Aksi Pencurian Mesin Pompa Air, Dua Pelaku Diamankan Satu DPO

BACA JUGA:Kesal Disuruh Istri Cari Perempuan Lain, Habisi Nyawa Istri dan Gagal Bunuh Diri

“Hasil dari aksi kejahatan tersebut dibagi berempat. Kalau saya uangnya habis untuk poya-poya seperti judi slot, nyabu dan sebagainya," ujar Mang Lokak.

Ketika ditanya bagaimana jika yang diketok pintunya ternyata ada penghuninya, Mang Lokak mengatakan bahwa mereka akan beralasan pura-pura menanyakan alamat seseorang yang kebetulan alamatnya di lokasi tersebut untuk menghilangkan kecurigaan para calon korbannya.

Setiap melakukan aksinya sering dilakukan pada pagi hari ketika suasana pemukiman sepi sebab masyarakat sibuk bekerja dan sekolah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: