Naik Perahu, Pj H Apriyadi Tinjau serta Bantu Korban Banjir di Ulak Embacang. Imbau Warga Jaga Kesehatan

Naik Perahu, Pj H Apriyadi Tinjau serta Bantu Korban Banjir di Ulak Embacang. Imbau Warga Jaga Kesehatan

Pj H Apriyadi tinjau serta bantu korban Banjir di Ulak Embacang.--Kominfo Muba

SEKAYU, PALPOS. ID - Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi Mahmud MSi meninjau lokasi banjir sekaligus menyalurkan bantuan sembako kepada warga di Desa Ulak Embacang Kecamatan Sanga Desa, Rabu (17/1/2024).

Dengan mendayung perahu sampan dalam kunjungan tersebut Pj Bupati Apriyadi menyambangi satu persatu rumah warga terdampak banjir yang diakibatkan tingginya curah hujan beberapa waktu belakangan, sehingga air Sungai Musi dan anak sungai lainnya meluap.

Kehadiran Pj Bupati Apriyadi juga didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muba Hj Asna Aini Apriyadi beserta sejumlah kepala perangkat daerah dan Forkompinda Muba.

Disela peninjauan ia menyampaikan keprihatinan atas musibah banjir yang dialami masyarakat Muba.

BACA JUGA:Pj Bupati Apriyadi Sangat Proaktif Menjaga Inflasi di Daerah Muba

BACA JUGA:Ada Apa Peneliti Universitas Toyo Asal Jepang Kunjungi Muba? Ternyata Tertarik Kebijakan UHC di Muba

"Hati-hati dan sabar karena ini ujian. Jaga kesehatan dan keselamatan, terutama anak-anak harus dipantau jangan sampai menimbulkan musibah lainnya," ujarnya.

Dikatakannya, saat ini kondisi di Desa Ulak Embang sudah terkepung banjir, akses jalan darat dan listrik juga terputus.

"Hari ini kita bawa 250 karung beras kapasitas lima kilo, kedepan akan kita tambah lagi beserta air bersih dan kebutuhan masyarakat lainnya," ungkapnya.

Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Muba bersama Polres Muba, dan Kodim 0401 Muba telah mendirikan tempat pengungsian korban banjir yang rumahnya tidak bisa ditempati, serta posko kesehatan dan dapur umum.

BACA JUGA:Eksplorasi 10 Fakta Menarik dan Persiapan Kabupaten Muba di Sumatera Selatan Menuju Provinsi Baru

BACA JUGA:Kerjasama, Data Center BP Batam Mampu Jadi Lokasi Backup dan Replikasi Andalan Pemkab Muba

"Untuk warga yang rumah tidak bisa ditempati harus diungsikan, kita buat posko dan dapur umum. Selain itu kita siapkan fasilitas pemerintah lainnya sebagai tempat pengungsi," tandasnya.

Camat Sanga Desa Hendrik mengatakan saat ini korban terdampak banjir di Kecamatan Sanga desa kurang lebih 15.000 KK, sementara untuk Desa Ulak Embacang berjumlah 362 KK.

"Terimakasih kepada Pak Pj Bupati hari ini membawa bantuan untuk masyarakat kami terutama kepada warga Ulak Embacang yang memang sangat membutuhkan perhatian kita. Saat ini kondisi kondisi ketinggian air di sana sudah mencapai rata-rata 5 meter," pungkasnya.

Diitempat yang sama kapolsek Sanga Desa Iptu Nasirin SH mengimbau kepada masyarakat Sanga desa tetap waspada terhadap bencana banjir yang terjadi di musim penghujan ini.

" Kita harap warga untuk mengurangi aktivitas diluar rumah saat terjadi banjir, amankan surat penting dan barang berharga lainnya dari air banjir, agar orang tua melarang anak-anak bermain disekitar arus banjir, hindari berteduh atau berdiri di area riang listrik atau tegangan listrik, dan waspada terhadap ancaman hewan buas dan hewan berbisa yang naik kepermukaan," pungkasnya. **

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: