Kabupaten Majenang: Wacana Pemekaran Cilacap untuk Pemerataan Pembangunan di Jawa Tengah

Kabupaten Majenang: Wacana Pemekaran Cilacap untuk Pemerataan Pembangunan di Jawa Tengah

Pemekaran Wilayah Kabupaten Cilacap: Langkah Strategis untuk Pembangunan Otonomi Baru Jawa Tengah.-Palpos.id-Foto : Tangkapan Layar Youtube @syahrial ahmad

JAWA TENGAH, PALPOS.ID - Kabupaten Majenang: Wacana Pemekaran Cilacap untuk Pemerataan Pembangunan di Jawa Tengah.

Menyandang predikat sebagai Kabupaten terluas di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Cilacap merencanakan pemekaran wilayahnya untuk meningkatkan efisiensi birokrasi dan mendorong pemerataan pembangunan. 

Dengan luas wilayah mencapai 2.252 kilometer persegi, pemekaran dianggap sebagai langkah strategis untuk mengoptimalkan kendali administratif.

Pemekaran untuk Efisiensi Birokrasi dan Pemerataan Pembangunan

Kabupaten Cilacap, yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, telah mengusulkan pemekaran wilayahnya sebagai upaya untuk mengatasi kendala birokrasi dan memastikan pemerataan pembangunan di seluruh kabupaten. 

BACA JUGA:Wacana Pemekaran Wilayah di Pulau Jawa: Fokus pada Jawa Tengah dan Kabupaten Tangerang

BACA JUGA:Moratorium Daerah Otonomi Baru: Ratusan Daerah Menanti Keputusan Pusat Termasuk di Jawa Tengah

Wilayah Kabupaten Cilacap yang luas, dengan 24 kecamatan, 269 desa, dan 15 kelurahan, membuat manajemen administratif menjadi tugas yang rumit.

Dengan luas mencapai 2.252 kilometer persegi, Kabupaten Cilacap menghadapi tantangan dalam efisiensi pelayanan publik dan distribusi sumber daya. 

Pemerintah daerah bersama dengan warga dan tokoh masyarakat setempat merasa bahwa pemekaran menjadi solusi tepat untuk memperpendek rentang kendali birokrasi dan mendorong pemerataan pembangunan di seluruh wilayah.

Dukungan Warga dan Tokoh Masyarakat

Pemekaran Kabupaten Cilacap bukanlah inisiatif semata-mata pemerintah setempat, tetapi juga didorong oleh aspirasi warga dan tokoh masyarakat. 

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Jawa Tengah: Rencana Pembentukan 5 Kabupaten dan Kota Baru

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Jawa Tengah: Ambisi Pembentukan 3 Daerah Otonomi Baru di Pulau Jawa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: