Kabupaten Banyumas Berpotensi Membentuk Kota Otonomi Baru dengan Luas Wilayah 1.328 Kilometer Persegi

Kabupaten Banyumas Berpotensi Membentuk Kota Otonomi Baru dengan Luas Wilayah 1.328 Kilometer Persegi

Kabupaten Banyumas Berpotensi Membentuk Kota Otonomi Baru dengan Luas Wilayah 1.328 Kilometer Persegi.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

JAWA TENGAH, PALPOS.ID - Kabupaten Banyumas Berpotensi Membentuk Kota Otonomi Baru dengan Luas Wilayah 1.328 Kilometer Persegi.

Kabupaten Banyumas yang memiliki luas wilayah mencapai 1.328 kilometer persegi, kini sedang mengusulkan pemekaran wilayahnya. 

Meskipun moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) masih berlaku dari Pemerintah Pusat, muncul rencana pembentukan daerah otonomi baru atau DOB di Kabupaten Banyumas.

Pada saat ini, terdapat 9 kecamatan yang berencana bergabung dengan Kota Purwokerto untuk membentuk daerah otonomi baru hasil pemekaran Kabupaten Banyumas di Provinsi Jawa Tengah. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah: 9 Fakta Unik Kota Solo Calon Provinsi DIS

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Jawa Tengah: Potensi Daerah Provinsi DIS yang Menjanjikan

Proyeksi pembentukan DOB ini dianggap realistis mengingat jumlah penduduk Kabupaten Banyumas mencapai 1,78 juta jiwa menurut Sensus Penduduk BPS tahun 2020.

Potret Wilayah dan Penduduk Kabupaten Banyumas

Kabupaten Banyumas, yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, terdiri dari 27 kecamatan, 30 kelurahan, dan 301 desa. 

Usulan pemekaran wilayah ini sejatinya mencakup pembentukan tiga DOB baru, yaitu Kabupaten Banyumas Barat, Kabupaten Banyumas Timur, dan Kota Purwokerto.

Kesembilan kecamatan yang dipilih untuk bergabung dengan Kota Purwokerto sebagai daerah otonomi baru adalah Kecamatan Purwokerto Barat (yang juga akan menjadi ibukota nantinya), Kecamatan Sumbang, Kecamatan Kedungbanteng, Kecamatan Baturraden, Kecamatan Kembaran, Kecamatan Karanglewas, Kecamatan Purwokerto Timur, Kecamatan Purwokerto Selatan, dan Kecamatan Purwokerto Utara.

BACA JUGA:Wacana Pemekaran Wilayah Jawa Tengah: Dari Provinsi Banyumasan hingga Perdebatan Efektivitas

BACA JUGA:Wacana Pemekaran Kota Gombong sebagai Daerah Otonomi Baru di Provinsi Jawa Tengah

Profil Kota Purwokerto yang Potensial Menjadi Daerah Otonomi Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: