Rencana Pemekaran Kabupaten Lampung Timur Menuju Kabupaten Lampung Tenggara atau Kabupaten Melinting

Rencana Pemekaran Kabupaten Lampung Timur Menuju Kabupaten Lampung Tenggara atau Kabupaten Melinting

Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung: Perjuangan dan Alasan Usul Otonomi Baru Kabupaten Lampung Tenggara.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

LAMPUNG, PALPOS.ID - Rencana Pemekaran Kabupaten Lampung Timur Menuju Kabupaten Lampung Tenggara atau Kabupaten Melinting.

Pemerintah Provinsi Lampung kembali menghadapi wacana pemekaran daerah otonomi baru (DOB) dengan munculnya dua opsi nama untuk kabupaten baru di wilayah pemekaran Kabupaten Lampung Timur. 

Opsi tersebut adalah Kabupaten Lampung Tenggara dan Kabupaten Melinting, namun yang saat ini diajukan dan mendapat dukungan dari warga setempat adalah Kabupaten Lampung Tenggara.

Warga dan tokoh masyarakat di sekitar wilayah pemekaran terus berjuang untuk mendapatkan kabupaten baru, meskipun masih terdapat moratorium DOB yang belum dicabut oleh Pemerintah Pusat. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung: Menuju Pembentukan 3 Provinsi Baru dengan Potensi Kotabumi sebagai Pusat

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung dan Fakta Menarik Kabupaten Lampung Timur

Hingga saat ini, sudah ada 12 kecamatan yang menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan Kabupaten Lampung Tenggara, termasuk Kecamatan Labuhan Maringgai, Kecamatan Melinting, Kecamatan Gunung Pelindung, dan Kecamatan Way Jepara.

Selain itu, Kecamatan Marga Sekampung, Kecamatan Bandar Sribawono, Kecamatan Mataram Baru, Kecamatan Jabung, Kecamatan Waway Karya, Kecamatan Pasir Sakti, Kecamatan Braja Selebah, dan Kecamatan Sekampung Udik juga turut menyatakan kesiapannya. Ibu kota nantinya direncanakan berada di Kecamatan Labuhan Maringgai.

Pemekaran Kabupaten Lampung Tenggara dinilai sangat pantas mengingat luas wilayah Kabupaten Lampung Timur mencapai 5.325 kilometer persegi, dengan 24 kecamatan dan 264 desa. 

Jumlah penduduk Kabupaten Lampung Timur mencapai 1.101.977 jiwa menurut hasil sensus penduduk BPS tahun 2023.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung: Aspirasi dan Potensi Lampung Utara

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung - Perluasan Kota Metro dan Caplok Wilayah Tetangga

Tokoh Masyarakat Hasan Basri menyampaikan bahwa keinginan warga untuk Kabupaten Lampung Tenggara ini didasarkan pada semangat untuk pemerataan pembangunan. 

Wilayah Kabupaten Lampung Timur yang sangat luas membuat pemekaran menjadi pilihan untuk memperpendek rentang kendali pelayanan birokrasi pemerintahan dan mewujudkan pemerataan pembangunan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: