Kabupaten Kikim Area Pemekaran Lahat Bersiap Menjadi Calon Daerah Otonomi Baru di Sumatera Selatan

Kabupaten Kikim Area Pemekaran Lahat Bersiap Menjadi Calon Daerah Otonomi Baru di Sumatera Selatan

Kabupaten Kikim Area Pemekaran Lahat Bersiap Menjadi Calon Daerah Otonomi Baru di Sumatera Selatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Desa Bungamas di Kecamatan Kikim Timur diusulkan sebagai ibukota Kabupaten Kikim Area.

Potensi pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Kikim Area diperkirakan akan berasal dari sumber daya alam (SDA) seperti minyak dan gas bumi, batubara, serta perkebunan. 

Luas wilayah Kabupaten Kikim Area mencapai 1.49 ribu kilometer persegi, sekitar 34 persen dari luas wilayah Kabupaten Lahat.

Berdasarkan data sensus penduduk BPS tahun 2019, jumlah penduduk Kabupaten Kikim Area mencapai lebih dari 102 ribu jiwa, atau sekitar 25 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Lahat. 

BACA JUGA:Pemekaran Kabupaten Lahat di Sumatera Selatan: Sorotan Terbaru Kendali Pelayanan di Indonesia

BACA JUGA:Kabupaten Lahat: Calon Ibukota Provinsi Palapa Selatan Pemekaran Sumatera Selatan (Sumsel)

Ini menandakan bahwa pembentukan Kabupaten Kikim Area akan membawa dampak signifikan terhadap struktur populasi di wilayah tersebut.

Dukungan dan Harapan Masyarakat serta Pemerintah

Rapat paripurna DPRD Sumatera Selatan baru-baru ini juga menyetujui pembentukan Kabupaten Kikim Area, dengan lima kecamatan masuk wilayah Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Kikim Area. 

Untuk mendukung operasional pemerintahan Kabupaten Kikim Area, Pemerintah Kabupaten Lahat akan memberikan pendanaan sebesar Rp10 miliar per tahun, sedangkan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan memberikan Rp25 miliar per tahun selama tiga tahun berturut-turut.

Presidium CDPOB Kikim Area, Chozali Hanan, menyatakan bahwa semua persyaratan untuk pembentukan Kabupaten Kikim Area telah dipenuhi. 

BACA JUGA:Dua Opsi Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel): Provinsi Sumselbar atau Palapa Selatan?

BACA JUGA:Munculnya 4 Provinsi Baru di Provinsi Sumatera Selatan Menggema: Aspirasi Rakyat untuk Otonomi Baru

Kajian akademisnya sudah selesai pada bulan Agustus 2022 dan telah disampaikan kepada Bupati Lahat dan Gubernur Sumatera Selatan. 

Hanan menyampaikan optimisme bahwa peresmian Kabupaten Kikim Area tinggal menunggu dicabutnya moratorium oleh Pemerintah Pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: