Pemekaran Wilayah Musi Banyuasin: Aspirasi Pembentukan 3 Kabupaten Baru di Sumatera Selatan

Pemekaran Wilayah Musi Banyuasin: Aspirasi Pembentukan 3 Kabupaten Baru di Sumatera Selatan

Pemekaran Wilayah Musi Banyuasin: Aspirasi Pembentukan 3 Kabupaten Baru di Sumatera Selatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SUMATERA SELATAN, PALPOS.ID - Pemekaran Wilayah Musi Banyuasin: Aspirasi Pembentukan 3 Kabupaten Baru di Sumatera Selatan.

Pemekaran wilayah atau pemekaran daerah menjadi isu hangat di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Provinsi Sumatera Selatan. 

Salah satu fokus utama adalah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), yang tengah mengusulkan pemekaran wilayah dengan rencana membentuk tiga kabupaten baru, yaitu Kabupaten Muba Timur, Kabupaten Musi Ilir, dan Kabupaten Musi Ilir Utara.

Kabupaten Musi Banyuasin memiliki luas wilayah mencapai 14.266 kilometer persegi dan jumlah penduduk sebanyak 638.625 jiwa menurut sensus penduduk BPS tahun 2019. 

BACA JUGA:Pembentukan Kabupaten Pantai Timur Pemekaran Kabupaten OKI: Tantangan Masa Depan Sumatera Selatan

BACA JUGA:Pemekaran Lahat: Semangat Tak Terbendung di Tengah Moratorium Otonomi Baru di Sumatera Selatan

Dengan potensi besar ini, muncul wacana pemekaran wilayah sebagai upaya mempercepat pembangunan, menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Pembentukan Kabupaten Muba Timur: Menuju Pembangunan Merata

Usulan pertama dalam pemekaran wilayah ini adalah pembentukan Kabupaten Muba Timur yang pertama kali mencuat pada tahun 2015. 

Presidium Pembentukan Kabupaten Muba Timur (PPKMT) telah mengajukan usulannya kepada DPRD Kabupaten Musi Banyuasin. 

Usulan ini didorong oleh keinginan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan, menciptakan lapangan kerja baru, dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA:Pembentukan Provinsi Sumsel Barat Menggema: Potensi Luas dan Penduduk yang Menggoda di Sumatera Selatan

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan: Memperkuat Identitas Provinsi Otonomi Baru Sumsel Barat

Lima kecamatan, yakni Babat Supat, Bayung Lencir, Lalan, Keluang, dan Sungai Lilin, telah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan Kabupaten Muba Timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: