Pesona Wisata Alam dan Kejayaan Pengusaha Terkenal: Lampung Surga Tersembunyi di Ujung Pulau Sumatera

Pesona Wisata Alam dan Kejayaan Pengusaha Terkenal: Lampung Surga Tersembunyi di Ujung Pulau Sumatera

Pesona Wisata Alam dan Kejayaan Pengusaha Terkenal: Lampung Surga Tersembunyi di Ujung Pulau Sumatera.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Usulan Pemekaran Wilayah

Provinsi Lampung, yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera, tengah mengeksplorasi potensi dan perluasan wilayahnya.

Salah satu langkah krusial yang sedang diajukan adalah pemekaran wilayah di beberapa kabupaten, termasuk rencana pembentukan Kabupaten Sungkai Bunga Mayang.

Latar Belakang Pemekaran

Pemekaran wilayah di Provinsi Lampung menjadi perbincangan hangat. Salah satu usulan terkini adalah pembentukan Kabupaten Sungkai Bunga Mayang, yang akan berasal dari pemekaran Kabupaten Lampung Utara.

Kabupaten Lampung Utara saat ini memiliki luas wilayah mencapai 2.725 kilometer persegi dengan populasi mencapai 652.623 jiwa menurut sensus penduduk BPS tahun 2023.

BACA JUGA:Provinsi Lampung Tengah Bersiap-siap Menyambut Pemekaran Wilayah Otonomi Baru

BACA JUGA:Provinsi Lampung Memasuki Era Baru: Pemekaran Wilayah dan Kota Metro Sebagai Calon Ibukota Otonomi Baru

Rencana Pemekaran Kabupaten Sungkai Bunga Mayang

Menurut rencana yang sedang berkembang, Kabupaten Sungkai Bunga Mayang akan terbentuk dengan menggabungkan delapan kecamatan dari Kabupaten Lampung Utara.

Kecamatan yang akan bergabung termasuk Bunga Mayang, Hulu Sungkai, Muara Sungkai, Sungkai Selatan, Sungkai Barat, Sungkai Utara, Sungkai Jaya, dan Sungkai Tengah. 

Ibukota Kabupaten Sungkai Bunga Mayang direncanakan akan berlokasi di Kecamatan Bunga Mayang.

Dukungan Masyarakat dan Pemerintah Daerah

Rencana ini mendapat dukungan luas dari masyarakat setempat dan beberapa tokoh terkemuka, termasuk keluarga H Paisol Djausal yang telah menyumbangkan tanah seluas 40 hektare untuk pembangunan perkantoran Kabupaten Sungkai Bunga Mayang.

Pemerintah daerah juga memberikan dukungan penuh terhadap rencana ini. Asisten I Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, Mankodari, telah meninjau langsung lahan hibah dari keluarga H Paisol Djausal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: