Tumpukan Sampah di Tanjung Raja Ogan Ilir Dikeluhkan Warga, DLH Ogan Ilir Ambil Langkah Ini

Tumpukan Sampah di Tanjung Raja Ogan Ilir Dikeluhkan Warga, DLH Ogan Ilir Ambil Langkah Ini

PLT Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ogan Ilir Mira saat memberikan keterangan kepada wartawan--Foto: Isro Palpos

OGANILIR,PALPOS.ID - Permasalahan sampah di wilayah Kecamatan Tanjung Raja dan sekitarnya tampaknya akan segera tertangani berkat rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir untuk mengaktifkan kembali Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Desa Belanti, Kecamatan Setempat.

Permasalahan sampah itu berawal dari banyaknya keluhan warga setempat dimana di TPS areal Pasar Tanjung Raja. Warga tersebut mengeluh akan tumpukan sampah yang tak kunjung di bersihkan oleh pihak terkait hingga menumpuk dan mengeluarkan bau tak sedap.

Tumpukan dan bau tak sedap itu menganggu aktivitas warga terlebih dalam momen lebaran Idul Fitri lalu.

menindaklanjuti hal tersebut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Ilir, Mira Dianti, menyatakan bahwa Pemkab Ogan Ilir telah melakukan rapat terkait rencana mengatasi hal tersebut pada Selasa, 16 April 2024. Dalam rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Ilir, Muhsin Abdullah telah diputuskan bahwa TPS Belanti yang sebelumnya tak berfungsi akan segera diaktifkan kembali.

BACA JUGA:Antisipasi Merebaknya Virus SE pada Sapi Dan Kerbau, Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Ogan Ilir Lakukan Va

BACA JUGA:Safari Ramadhan, Bupati Ogan Ilir Sumbang Dana 10 Juta untuk Pembangunan Masjid Al-Basyariah

"dari hasil rapat tadi kesimpulanya salah satunya yakni Pemkab Ogan Ilir akan membangun agregat untuk jalan menuju TPS Belanti guna mengaktifkan TPS tersebut kembali. pekerjaanya dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR),"ungkap Mira kepada wartawan.

Mira menjelaskan bahwa akses menuju TPA Belanti selama ini bermasalah karena ditutup oleh pemilik lahan di dekat lokasi TPS. Oleh karena itu, Pemkab Ogan Ilir membeli jalan khusus untuk akses menuju lokasi tersebut dan akan membangun agregat di jalan tersebut.

Dengan diaktifkannya kembali TPS Belanti, Mira berharap masyarakat di Tanjung Raja tidak lagi membuang sampah sembarangan. Ia mengimbau masyarakat untuk membuang sampah di TPS Belanti agar permasalahan sampah dapat ditangani dengan lebih baik.

"Rapat koordinasi juga dihadiri oleh Camat Tanjung Raja serta Kepala Desa Belanti untuk membahas upaya penanggulangan permasalahan sampah di wilayah tersebut. Dalam rapat tadi semua pihak menyatakan dukungan penuh terhadap upaya Pemkab Ogan Ilir untuk menangani permasalahan sampah tersebut,"katanya.

BACA JUGA:Cegah Meluasnya Penyebaran Virus SE, Disbunnak OKI Vaksinasi Ratusan Kerbau

BACA JUGA:Sukseskan Zero Halinar, Kalapas Kayuagung : Warga Binaan yang Ketahuan Jadi Bandar Dikirim ke Nusa Kambangan

Permasalahan sampah semakin terlihat jelas pada saat perayaan Lebaran Idulfitri, di mana volume sampah di wilayah Kecamatan Tanjung Raja meningkat drastis. Banyak warga yang membuang sampah sembarangan, sehingga menjadi masalah tersendiri bagi Pemkab Ogan Ilir.

Masalah lainya, sambung Mira, dalam penanggulangan sampah di Ogan Ilir sendiri adalah kurangnya armada pengangkut sampah. Dari delapan armada yang dimiliki, hanya lima yang dalam kondisi baik, sementara sisanya sudah sangat mengkhawatirkan. Selain itu, anggaran yang dimiliki Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Ilir juga sangat terbatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: