Pemekaran Wiayah Sulawesi Selatan: Keindahan Alam Otonomi Baru Kabupaten Bone Permata Pesisir Timur

Pemekaran Wiayah Sulawesi Selatan: Keindahan Alam Otonomi Baru Kabupaten Bone Permata Pesisir Timur

Pemekaran Wiayah Sulawesi Selatan: Keindahan Alam Otonomi Baru Kabupaten Bone Permata Pesisir Timur.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Kabupaten Bone, dengan segala keindahan alam dan dinamika masyarakatnya, merupakan salah satu daerah yang patut dijadikan contoh dalam pengelolaan daerah yang berkelanjutan. 

Potensi alam yang melimpah, budaya yang kaya, dan masyarakat yang dinamis menjadikan Kabupaten Bone sebagai permata pesisir timur Sulawesi Selatan yang layak untuk dijaga dan dikembangkan.

Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan: Pembentukan Tiga Provinsi Otonomi Baru Diperjuangkan.

Rencana Pemekaran Provinsi Sulawesi Selatan

Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Selatan terus diperjuangkan meskipun moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) belum dicabut oleh Pemerintah Pusat. 

Pemekaran ini dianggap penting mengingat luas wilayah daratan Provinsi Sulawesi Selatan mencapai 46.717 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk lebih dari 9 juta jiwa. 

Saat ini, Sulawesi Selatan terdiri dari 3 kota dan 21 kabupaten. 

Dari pemekaran ini, akan terbentuk tiga provinsi baru yang akan membantu mempercepat pembangunan dan pemerataan ekonomi di wilayah tersebut. 

Berikut adalah rincian ketiga provinsi baru tersebut.

1. Provinsi Luwu Raya

Provinsi Luwu Raya direncanakan memiliki luas wilayah sebesar 17.695 kilometer persegi, hampir setara dengan luas wilayah Provinsi Sulawesi Barat. Wilayah ini mencakup satu kota dan empat kabupaten, yaitu:

Kota Palopo (calon ibukota)

Kabupaten Luwu Timur

Kabupaten Luwu Utara

Kabupaten Luwu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: