Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: 5 Kabupaten Siap Bentuk Otonomi Baru Provinsi Kapuas Raya

Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: 5 Kabupaten Siap Bentuk Otonomi Baru Provinsi Kapuas Raya

Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: 5 Kabupaten Siap Bentuk Otonomi Baru Provinsi Kapuas Raya.-Palpos.id-Foto : Tangkapan layar Youtube @obi_syaputra69

Kabupaten Sintang, dengan ibu kota di Sintang, sangat mendukung pembentukan Provinsi Kapuas Raya. 

Bupati Sintang, Jarot Winarno, menyatakan bahwa adanya provinsi sendiri akan membuka ruang lebih luas untuk inovasi dan transformasi birokrasi. 

Jarot juga mengungkapkan bahwa Provinsi Kapuas Raya nantinya akan memiliki tiga komoditas utama sebagai sumber penghasilan: lada, sawit, dan karet.

BACA JUGA:Eksplorasi Keindahan dan Kekayaan Alam Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, 4 Kecamatan Paling Sepi Penduduk Calon Provinsi Ketapang

"Dengan adanya provinsi sendiri, yaitu Provinsi Kapuas Raya, tentu akan membuat ruang lebih luas dalam inovasi dan transformasi birokrasi nantinya," tegas Bupati Jarot.

5. Kabupaten Sekadau

Kabupaten Sekadau, dengan ibu kota di Sekadau, juga siap bergabung dengan Provinsi Kapuas Raya. 

Bupati Sekadau, Rupinus, menegaskan bahwa pembentukan Provinsi Kapuas Raya harus segera terealisasi tanpa harus menunggu ada atau tidaknya ibukota baru. 

Menurutnya, Provinsi Kapuas Raya nantinya akan menjadi penyangga ibu kota negara baru.

"Karena Provinsi Kapuas Raya harus terbentuk dulu, tanpa harus memandang bakal ada ibukota baru atau tidak. Sebab, Provinsi Kalbar nantinya akan menjadi penyangga ibu kota negara atau IKN baru nantinya," terang Rupinus beberapa waktu yang lalu.

Ketua DPRD Sekadau, Radius Effendy, juga berharap pembentukan Provinsi Kapuas Raya dapat segera terlaksana untuk mempercepat pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di wilayah timur Provinsi Kalbar.

"Pembentukan Provinsi Kapuas Raya diharapkan bisa lebih cepat untuk mempercepat pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di wilayah timur Provinsi Kalbar," tegas Radius Effendy.

Dukungan dan Harapan

Dukungan terhadap pembentukan Provinsi Kapuas Raya tidak hanya datang dari para bupati, tetapi juga dari berbagai elemen masyarakat dan tokoh adat di Kalimantan Barat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: