Infrastruktur Gas Bumi dan Peran PGN Perkuat Ketahanan Energi Nasional di Masa Transisi Energi

Infrastruktur Gas Bumi dan Peran PGN Perkuat Ketahanan Energi Nasional di Masa Transisi Energi

Infrastruktur Gas Bumi dan Peran PGN Perkuat Ketahanan Energi Nasional di Masa Transisi Energi.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Peluang pemanfaatan gas bumi di masa transisi ini akan diambil oleh PGN dengan melakukan integrasi infrastruktur yang ada untuk memenuhi kebutuhan berbagai sektor. 

Dengan integrasi ini, PGN dapat memenuhi permintaan di kota-kota baru, kawasan industri, serta sektor transportasi darat dan laut melalui penggunaan Compressed Natural Gas (CNG).

BACA JUGA: Melalui LNG, PGN Wujudkan Komitmen Penuhi Kebutuhan Pelanggan dan Jaga Gas Balance Nasional

BACA JUGA: Inovasi Infrastruktur Gas Bumi: Langkah Strategis PGN Menuju Masa Depan Energi Berkelanjutan

Selain itu, PGN juga mengejar peluang untuk memenuhi kebutuhan gas bumi di sektor pembangkit listrik, kilang minyak Pertamina, dan pelanggan besar lainnya. 

Hal ini sejalan dengan pernyataan Mangesh Patankar, Vice President Gas and LNG Consulting Wood Mackenzie, yang menekankan pentingnya skema masing-masing negara dalam mengamankan energi dengan mempertimbangkan aspek keterjangkauan energi.

Dukungan Pemerintah dan Sinergi Antar Lembaga

Dukungan dari pemerintah sangat diharapkan untuk mempercepat pengembangan jaringan gas rumah tangga dan infrastruktur lainnya. 

Selain itu, sinergi antar lembaga, baik di tingkat nasional maupun daerah, diperlukan untuk memastikan bahwa seluruh program yang dicanangkan dapat berjalan dengan baik.

PGN terus berupaya untuk menjaga keandalan pasokan gas bumi dengan melakukan perbaikan dan pemeliharaan infrastruktur yang sudah ada, serta membangun infrastruktur baru yang lebih efisien dan andal. 

PGN juga akan terus melakukan kajian dan inovasi untuk mengantisipasi perkembangan makro dan global terkait energi fosil, terutama gas bumi, di masa transisi energi ini.

Masa Depan Energi Indonesia

Masa depan energi Indonesia terletak pada kemampuan untuk menggabungkan sumber energi yang ada dengan sumber energi baru dan terbarukan (NRE). 

Dalam upaya mencapai target Net Zero Emission, keseimbangan antara berbagai sumber energi harus dipertahankan, dengan mempertimbangkan aspek keterjangkauan dan ketersediaan energi.

PGN, sebagai bagian dari Pertamina, berkomitmen untuk memainkan peran kunci dalam masa transisi energi ini dengan terus meningkatkan infrastruktur gas bumi, memperluas pasar, dan memastikan pasokan gas yang stabil dan andal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: