Pemekaran Wilayah Pulau Sumatera: Muncul Wacana Pembentukan 17 Provinsi Otonomi Baru

Pemekaran Wilayah Pulau Sumatera: Muncul Wacana Pembentukan 17 Provinsi Otonomi Baru

Pemekaran Wilayah Pulau Sumatera: Muncul Wacana Pembentukan 17 Provinsi Otonomi Baru.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

6. Provinsi Sumatera Timur

Wilayah administrasi meliputi: Kabupaten Batubara, Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kabupaten Labuhan Batu, Kabupaten Labuhan Batu Selatan.

Ibukota provinsi berada di Kota Tanjung Balai. Provinsi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pemerintahan dan mempercepat pembangunan di wilayah Sumatera Timur.

7. Provinsi Riau Pesisir

Wilayah administrasi meliputi: Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Ibukota provinsi berada di Kota Dumai. Pembentukan provinsi ini diharapkan dapat meningkatkan potensi maritim dan industri di wilayah pesisir Riau.

BACA JUGA:Kabupaten Seluma Pilih Mundur dari Bengkulu Gabung Provinsi Palapa Selatan Pemekaran Sumatera Selatan

BACA JUGA:Kabupaten Lahat Ibukota Provinsi Otonomi Baru Palapa Selatan Pemekaran Sumatera Selatan dan Bengkulu

8. Provinsi Sumatera Tengah

Wilayah administrasi meliputi: Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Selatan, Kabupaten Indragiri Hilir, dan Kabupaten Indragiri Utara.

Ibukota provinsi berada di Kota Tembilahan atau Rengat. Provinsi ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan infrastruktur dan ekonomi di wilayah Indragiri.

9. Provinsi Kepulauan Riau Barat

Wilayah administrasi meliputi: Kabupaten Kepulauan Kundur, Kabupaten Batam Kepulauan, Kabupaten Meranti, Kabupaten Karimun, dan Kota Batam.

Ibukota provinsi berada di Kota Batam. Pembentukan provinsi ini diharapkan dapat meningkatkan potensi industri dan perdagangan di Kepulauan Riau.

BACA JUGA:Kabupaten OKI Membuka Jalan Menuju Provinsi OKE: Pemekaran Sumatera Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: