Pemekaran Wilayah Pulau Sumatera: Muncul Wacana Pembentukan 17 Provinsi Otonomi Baru

Pemekaran Wilayah Pulau Sumatera: Muncul Wacana Pembentukan 17 Provinsi Otonomi Baru

Pemekaran Wilayah Pulau Sumatera: Muncul Wacana Pembentukan 17 Provinsi Otonomi Baru.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Ibukota provinsi berada di Kota Curup. Provinsi ini diharapkan dapat meningkatkan potensi pariwisata dan pertanian di wilayah lembah dan pesisir Bengkulu.

15. Provinsi Lampung Utara

Wilayah administrasi meliputi: Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Pesisir Barat, Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Bukit Agung Benatu, Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Sungkai Bunga Mayang, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Mesuji, dan Kota Kotabumi.

Ibukota provinsi berada di Kota Kotabumi. Pembentukan provinsi ini diharapkan dapat meningkatkan pembangunan infrastruktur dan ekonomi di wilayah Lampung Utara.

16. Provinsi Lampung Tengah

Wilayah administrasi meliputi: Kabupaten Seputih Barat, Kabupaten Seputih Timur, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur, Kota Metro, Kota Gunung Sugih.

Ibukota provinsi berada di Kota Metro. Provinsi ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Lampung Tengah.

17. Provinsi Lampung Selatan

Wilayah administrasi meliputi: Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Lampung Tenggara, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Natar Agung, dan Kota Kalianda.

Ibukota berada di Kota Kalianda. Pembentukan provinsi ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan dan meningkatkan pelayanan publik di wilayah Lampung Selatan.

Tantangan dan Harapan

Pembentukan 17 provinsi baru di Pulau Sumatera bukan tanpa tantangan. 

Salah satu tantangan utama adalah moratorium yang belum dicabut oleh pemerintah. 

Selain itu, perlu ada kajian mendalam terkait potensi ekonomi, sosial, dan budaya dari setiap calon provinsi baru. 

Namun, jika semua persyaratan terpenuhi dan moratorium dicabut, pembentukan provinsi-provinsi baru ini diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat Sumatera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: