Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Kabupaten Samosir Calon Ibukota Otonomi Baru Provinsi Toba Raya

Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Kabupaten Samosir Calon Ibukota Otonomi Baru Provinsi Toba Raya

Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Kabupaten Samosir Calon Ibukota Otonomi Baru Provinsi Toba Raya.-Palpos.id-Foto : Tangkapan Layar Youtube @jojo hutagalung

Deli Pesisir akan dimekarkan dari Kabupaten Deli Serdang. Sekitar lima kecamatan yang akan bergabung adalah Labuhan Deli, Hamparan Perak, Percut Sei Tuan, dan Pantai Labu. 

Wilayah ini diharapkan dapat meningkatkan potensi ekonomi maritim serta sektor pariwisata pantai.

4. Kabupaten Deli

Kabupaten Deli akan dimekarkan dari Kabupaten Deli Serdang dengan sebelas kecamatan yang bergabung yaitu Sunggal, Deli Tua, Pancur Batu, Patumbak, Namorambe, Kutalimbaru, STM Hilir, Sibiru-biru, Sibolangit, dan STM Hulu. 

Kabupaten ini diharapkan mampu mempercepat pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik di wilayah pedalaman Deli Serdang.

5. Kota Medan Utara

Kota Medan Utara akan dimekarkan dari Kota Medan dengan empat kecamatan yang bergabung yaitu Medan Belawan, Medan Marelan, Medan Labuhan, dan Medan Deli. 

Pembentukan kota ini bertujuan untuk mengatasi masalah urbanisasi dan memudahkan pengelolaan wilayah perkotaan yang semakin padat.

6. Kota Berastagi

Kota Berastagi akan dimekarkan dari Kabupaten Karo dengan empat kecamatan yaitu Naman Teran, Merdeka, Berastagi, dan Dolat Rayat. 

Berastagi terkenal sebagai daerah wisata dengan keindahan alamnya serta iklim sejuk yang menarik banyak wisatawan lokal dan mancanegara.

7. Kabupaten Simalungun Hataran

Kabupaten Simalungun Hataran akan dimekarkan dari Kabupaten Simalungun dengan lima belas kecamatan yang bergabung yaitu BM, Bandar, BH, PB, DBN, Tapian Dolok, Maligas, G. Malela, Siantar, JMBJ, Tanah Jawa, HBR, Ujung Pandang, dan Bosar Maligas. 

Daerah ini memiliki potensi besar dalam sektor agrikultur dan perkebunan.

8. Kabupaten Bandar Pulau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: