Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Kabupaten Samosir Calon Ibukota Otonomi Baru Provinsi Toba Raya

Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Kabupaten Samosir Calon Ibukota Otonomi Baru Provinsi Toba Raya

Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Kabupaten Samosir Calon Ibukota Otonomi Baru Provinsi Toba Raya.-Palpos.id-Foto : Tangkapan Layar Youtube @jojo hutagalung

Dengan mengangkat potensi dan sejarah Kabupaten Samosir serta dukungan masyarakat dan pemerintah, pembentukan Provinsi Toba Raya bisa menjadi kenyataan yang membawa banyak manfaat bagi masyarakat di wilayah tersebut.

Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Usulan Pembentukan 12 Kabupaten dan Kota Otonomi Baru.

Provinsi Sumatera Utara salah satu provinsi terbesar di Indonesia, tengah menghadapi usulan pemekaran wilayah yang dapat membawa perubahan besar pada peta administrasi daerahnya. 

Usulan ini melibatkan pembentukan 12 kabupaten dan kota otonomi baru, yang diharapkan akan mempercepat pembangunan dan mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Rencana Pemekaran Wilayah

Meskipun masih berupa usulan, pemekaran ini sudah mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan. 

Usulan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemerintahan dan mempercepat pembangunan infrastruktur di daerah-daerah yang dimekarkan. 

Berikut ini adalah daftar 12 kabupaten dan kota yang diusulkan untuk pemekaran:

1. Kabupaten Teluk Aru

Kabupaten Teluk Aru akan dimekarkan dari Kabupaten Langkat. Adapun sebanyak tujuh kecamatan yang akan bergabung dalam kabupaten ini yaitu Pematang Jaya, Pangkalan Susu, Besitang, Brandan Barat, Babalan, dan Gebang. 

Wilayah ini memiliki potensi besar di sektor kelautan dan perikanan, mengingat letaknya yang strategis di pesisir timur Sumatera.

2. Kabupaten Langkat Hulu

Langkat Hulu juga akan dimekarkan dari Kabupaten Langkat. Tujuh kecamatan yang akan menjadi bagian dari kabupaten ini adalah Bahorok, Sirapit, Salapian, Kutambaru, Selesai, Kuala, dan Sei Bingai. 

Daerah ini dikenal dengan kekayaan alamnya, termasuk wisata alam seperti Bukit Lawang yang terkenal dengan konservasi orangutan.

3. Kabupaten Deli Pesisir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: