Datangi Gedung DPRD Ogan Ilir, KOMPAS Tuntut Pemerintah Cabut Izin PT. IAL Yang Rusak Hutan Papua

Datangi Gedung DPRD Ogan Ilir, KOMPAS Tuntut Pemerintah Cabut Izin PT. IAL Yang Rusak Hutan Papua

Aksi damai mahasiswa Papua di depan gedung DPRD Ogan Ilir--Foto: Isro Palpos

OGANILIR,PALPOS.ID - Sejumlah mahsiswa Papua yang kuliah di Universitas Sriwijaya (UNSRI) yang tergabung dalam Komunitas Mahasiswa Papua Sriwijaya (KOMPAS) menggelar aksi damai di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Ilir pada Senin, 24 Juni 2024. 

Dalam orasinya Mereka menuntut pemerintah mencabut izin operasional PT Indo Asiana Lestari (IAL), sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Kabupaten Boven dan Digoel, Papua Selatan.

Tipran Yikwa, Ketua Komunitas Mahasiswa Papua Sriwijaya, dalam orasinya menyampaikan bahwa hutan yang menjadi tempat tinggal suku Awyu dan suku Moi telah dirusak oleh PT IAL.

“Mereka sudah melakukan gugatan ke PTUN dan Mahkamah Agung tapi tidak ada jawaban. Jadi, kedatangan kami ini mendukung aksi mereka," ujar Tipran dengan penuh semangat. 

BACA JUGA:Istighosah, Bupati Panca Ajak Warga Ogan Ilir Doakan Palestina dan Pilkada 2024 Mendatang

BACA JUGA:Terindikasi KKN, Desak Pembatalan Perekrutan Pegawai TKSK di Lubuklinggau Selatan I

Menurutnya, masyarakat adat bisa hidup mandiri tanpa bantuan pemerintah atau uang asalkan hutan mereka tidak dirampas. “Kalau mereka digusur, mereka mau kemana?. Hidup mereka bergantung di tanah itu. Tanpa uang mereka bisa makan dengan hasil kebun" tambahnya.

Para mahasiswa ini berharap DPRD Kabupaten Ogan Ilir dapat menyatakan sikap mendukung serta memberikan rekomendasi agar aspirasi mereka dapat disampaikan ke DPRD Provinsi dan akhirnya ke pemerintah pusat.

“Ini supaya kami bisa menyampaikan aspirasi ini ke pusat, agar izin yang dikeluarkan pihak terkait atau pemerintah dicabut, kembalikan tanah adat Papua," tegas Tipran.

Menurutnya Indonesia merupakan paru-paru kedua di dunia, namun saat ini hutan di indonesia telah banyak di babat habis terutama di Sumatra dan Kalimantan.

"Tinggal lagi hutan papua. hutan papua adalah surga kecil yang jatuh kebumi yang harus di jaga oleh masyarakat papua" katanya.

BACA JUGA:Peringati HUT Bhayangkara, Polres OKU Gelar Fun Walk

BACA JUGA:Hendri Dunan Jabat Kasi Intel Kejari OKU

Aksi damai ini disambut baik oleh pihak DPRD Kabupaten Ogan Ilir. Ketua Komisi II sekaligus Ketua Fraksi Partai Nasdem, Afrizal, Rahmadi Djafar, serta Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Baperda), Rizal Mustofa, hadir menerima aspirasi mahasiswa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: