Pemekaran Wilayah Sulawesi Tenggara: Enam Daerah Gabung Daerah Otonomi Baru Provinsi Kepulauan Buton

Pemekaran Wilayah Sulawesi Tenggara: Enam Daerah Gabung Daerah Otonomi Baru Provinsi Kepulauan Buton

Pemekaran Wilayah Sulawesi Tenggara: Enam Daerah Gabung Daerah Otonomi Baru Provinsi Kepulauan Buton.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Salah satu hambatan utama dalam pembentukan Provinsi Kepulauan Buton adalah adanya moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) yang belum dicabut oleh Pemerintah Pusat. 

Moratorium ini diberlakukan untuk sementara waktu guna mengevaluasi efektivitas dan efisiensi pemekaran daerah yang telah dilakukan sebelumnya.

Dukungan Politik dan Anggaran

Pemekaran wilayah juga memerlukan dukungan politik yang kuat, baik di tingkat lokal maupun nasional. 

Selain itu, anggaran yang dibutuhkan untuk mempersiapkan infrastruktur dan berbagai kebutuhan lainnya juga menjadi tantangan tersendiri.

Potensi Ekonomi dan Pembangunan

Pariwisata

Salah satu sektor yang diharapkan dapat berkembang pesat dengan pembentukan Provinsi Kepulauan Buton adalah sektor pariwisata. 

Wakatobi, dengan keindahan bawah lautnya yang terkenal, menjadi daya tarik utama yang dapat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pertanian dan Perikanan

Wilayah Kepulauan Buton juga memiliki potensi besar dalam sektor pertanian dan perikanan. 

Dengan pemekaran wilayah, diharapkan sektor ini dapat berkembang lebih optimal melalui berbagai program dan kebijakan yang lebih terfokus.

Industri dan Infrastruktur

Pengembangan industri dan infrastruktur juga menjadi salah satu fokus utama dalam rencana pembentukan Provinsi Kepulauan Buton. 

Dengan dukungan pemerintah dan investasi dari berbagai pihak, diharapkan infrastruktur di wilayah ini dapat terus ditingkatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: