Pemekaran Wilayah Sulawesi Tenggara: Enam Daerah Gabung Daerah Otonomi Baru Provinsi Kepulauan Buton

Pemekaran Wilayah Sulawesi Tenggara: Enam Daerah Gabung Daerah Otonomi Baru Provinsi Kepulauan Buton

Pemekaran Wilayah Sulawesi Tenggara: Enam Daerah Gabung Daerah Otonomi Baru Provinsi Kepulauan Buton.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Maklumat Sultan Buton ke-40

Pemprov Sulawesi Tenggara juga telah menyerahkan Maklumat Sultan Buton ke-40 tentang pembentukan Provinsi Kepulauan Buton kepada Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti. 

Maklumat ini menjadi salah satu dokumen penting yang menunjukkan keseriusan dan komitmen daerah dalam mewujudkan pembentukan provinsi baru.

Potensi dan Keunggulan Wilayah

Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk

Provinsi Sulawesi Tenggara saat ini memiliki luas wilayah sekitar 36.160 kilometer persegi dengan jumlah penduduk mencapai 2.755.589 jiwa berdasarkan hasil sensus penduduk BPS tahun 2020. 

Wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang cukup besar menjadi salah satu alasan kuat untuk melakukan pemekaran wilayah.

BACA JUGA:Keindahan Danau Biru Kolaka, Sulawesi Tenggara

BACA JUGA: Luar Biasa ! Pemandian Air Panas Wawolesea,Bagaikan Surga Tersembunyi di Sulawesi Tenggara

Enam Daerah Bergabung

Saat ini, sudah ada enam daerah yang terdiri dari satu kota dan lima kabupaten yang bergabung dengan calon Provinsi Kepulauan Buton. 

Adapun kota yang dimaksud adalah Kota Baubau. Sementara itu, lima kabupaten yang bergabung adalah Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Tengah, Kabupaten Buton Utara, dan Kabupaten Buton Selatan. 

Bergabungnya enam daerah ini menunjukkan besarnya dukungan dan antusiasme masyarakat terhadap pembentukan provinsi baru.

Rencana Ibukota Provinsi Kepulauan Buton

Pilihan Ibukota

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: