Menjelang Kemarau, Pj Wako Prabumulih Imbau BPBD Persiapkan Diri Antisipasi Karhutlah

Menjelang Kemarau, Pj Wako Prabumulih Imbau BPBD Persiapkan Diri Antisipasi Karhutlah

Menjelang Kemarau, Pj Wako Prabumulih Imbau BPBD Persiapkan Diri Antisipasi Karhutlah-Foto: PRABU/PALPOS.ID-

PRABUMULIH, PALPOS.ID - Menjelang datangnya musim kemarau, Penjabat (Pj) Walikota PRABUMULIH, H Elman ST MM, mengeluarkan imbauan tegas kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar mempersiapkan diri dengan langkah-langkah antisipasi untuk menghadapi potensi kebakaran hutan, kebun, dan lahan (karhutbunlah). 

"Semuanya sudah harus dipersiapkan sejak awal ini," ungkap Elman dengan nada serius, ketika diwawancarai wartawan, akhir pekan lalu.

Elman menegaskan, bukan hanya personel yang harus siap siaga, tetapi seluruh sarana dan prasarana yang berkaitan dengan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan juga harus dalam kondisi siap pakai. 

"Jangan sampai saat hendak dipakai, ban mobil pemadam kebakaran ternyata gundul. Hal yang sekecil itu harus dipersiapkan termasuk kesiapan petugas-petugasnya," ujar suami Hj Windriana Elman ini.

BACA JUGA:Sasar Anak Usia 0-7 Tahun, Prabumulih Siap Laksanakan PIN Polio 23 Juli 2024

BACA JUGA:Bakal Lakukan Tindakan Tegas, Satpol PP Prabumulih Gencar Sosialisasikan Larangan Berjualan di Trotoar

Elman memprediksi bahwa musim kemarau mendatang kemungkinan besar akan terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah kota Prabumulih. 

"Dak teurung ini kagek pasti terjadi ada kebakaran hutan, makanya kita harus persiapan sejak sekarang," tambahnya dengan aksen lokal yang khas. 

Oleh karena itu, Elman mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam mengantisipasi terjadinya karhutbunlah di kota Prabumulih. 

"Masyarakat juga harus bisa mengimbangi, jaga kebun masing-masing agar tidak terbakar. Apabila ada informasi kebakaran hutan, kebun, dan lahan, segera informasikan kepada petugas BPBD dan bersama-sama kita tanggulangi," tutur Elman.

BACA JUGA:Geliatkan Kembali Sepak Bola, KNPI Prabumulih Gelar Festival Sepak Bola U10 dan U12 KNPI Cup 2024

BACA JUGA:Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Penderita Stunting, Pemkot Prabumulih Berikan Pelatihan dan Peralatan Usaha

Selain itu, Elman menegaskan bahwa masyarakat dilarang keras membuka lahan dengan cara dibakar. 

"Kita mohon jangan buka lahan dengan cara dibakar, mari kita jaga bersama-sama agar tidak terjadi karhutbunlah," katanya dengan penuh harap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: