Pemekaran Wilayah Sulawesi Utara: Lima Kabupaten/Kota Gabung Daerah Otonomi Baru Provinsi Bolmong Raya

Pemekaran Wilayah Sulawesi Utara: Lima Kabupaten/Kota Gabung Daerah Otonomi Baru Provinsi Bolmong Raya

Pemekaran Wilayah Sulawesi Utara: Lima Kabupaten/Kota Gabung Daerah Otonomi Baru Provinsi Bolmong Raya.-Palpos.id-Foto: youtube @RizkeyAndita

Danau Poso adalah danau terdalam di Indonesia dan merupakan salah satu danau air tawar terbesar di Sulawesi. Danau ini juga memiliki makhluk legendaris yang dikenal sebagai "Lindu", mirip dengan monster Loch Ness.

8.Wisata Alam

Pulau Sulawesi memiliki banyak tujuan wisata alam yang menakjubkan, seperti Taman Nasional Lore Lindu, Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, dan banyak gunung-gunung menarik seperti Gunung Soputan dan Gunung Lokon.

9.Peninggalan Prasejarah

Di Pulau Sulawesi terdapat kompleks gua-gua prasejarah di Maros-Pangkep yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Gua-gua ini memiliki seni dinding kuno dan bukti aktivitas manusia purba.

10.Pantai Bira

Pantai Bira di Provinsi Sulawesi Selatan terkenal dengan pasir putihnya yang indah dan air laut yang jernih. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati pemandangan laut yang menakjubkan.

Jadi itulah 10 fakta menarik terkait Pulau Sulawesi yang bakal bentuk 8 provinsi baru, hingga Pulau Sulawesi memiliki 14 provinsi nantinya.

Update terbaru! Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Selatan bentuk 3 provinsi baru gabung provinsi lain.

Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Selatan terus diperjuangkan, meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat.

Hal ini sangat pantas mengingat luas wilayah daratan Provinsi Sulawesi Selatan mencapai 46.717 kilometer persegi.

Kemudian provinsi yang terdiri dari 3 kota dan 21 kabupaten tersebut memiliki jumlah penduduk lebih dari 9 juta jiwa.

Adapun 3 calon provinsi baru pemekaran Provinsi Sulawesi Selatan termasuk gabung provinsi lain itu, yakni sebagai berikut:

1. Provinsi Luwu Raya

Calon Provinsi Luwu Raya diketahui memiliki luas wilayah mencapai 17.695 Kilometer Persegi. Atau hampir sama dengan luas wilayah Provinsi Sulawesi Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: