Empat Bantuan Sosial Cair Bulan September 2024: Bansos Beras, PKH, BPNT, dan Program Indonesia Pintar

Empat Bantuan Sosial Cair Bulan September 2024: Bansos Beras, PKH, BPNT, dan Program Indonesia Pintar

Empat Bantuan Sosial Cair Bulan September 2024: Bansos Beras, PKH, BPNT, dan Program Indonesia Pintar.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

PALPOS.ID - Empat Bantuan Sosial Cair Bulan September 2024: Bansos Beras, PKH, BPNT, dan Program Indonesia Pintar.

Pemerintah Indonesia kembali menyalurkan empat program bantuan sosial (bansos) utama pada bulan September 2024, sebagai bagian dari upaya kontinu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menekan angka kemiskinan di tanah air. 

Melalui Kementerian Sosial (Kemensos), bansos yang disalurkan kali ini mencakup Bansos Beras, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Program Indonesia Pintar (PIP). 

Penyaluran ini dilakukan secara berkala dan terstruktur, memastikan bahwa bantuan mencapai keluarga penerima manfaat (KPM) yang membutuhkan.

BACA JUGA:Empat Bantuan Sosial (Bansos) Diperkirakan Cair Serentak Akhir Juli 2024

BACA JUGA:Begini Cara Cek Bansos Rp300 Ribu Bagi Keluarga Pemegang Kartu PKH Menggunakan KTP dan NIK

1. Bansos Beras 10 Kilogram

Bansos beras sebesar 10 kilogram merupakan salah satu bantuan pokok yang masih akan terus disalurkan hingga Desember 2024.

Kepala Badan Pengan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo, menyatakan bahwa kelanjutan penyaluran bansos beras ini disesuaikan dengan pengaturan fiskal di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

“Kami memastikan bahwa bantuan beras ini tetap tersedia untuk masyarakat yang membutuhkan, mengingat peran pentingnya dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari,” ujar Arief.

Bansos beras ini menjadi salah satu pilar utama dalam program bantuan sosial pemerintah, memberikan dukungan langsung kepada keluarga yang kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka. 

BACA JUGA:Ini Syarat dan Kriteria Menjadi Peserta Penerima Bansos BPJS Kesehatan PBI 2024

BACA JUGA:Bantuan Sosial: Penerima Bansos Lama Bisa Diganti KPM Baru Berdasarkan Hasil Survei Kemensos

Distribusi beras dilakukan secara terpusat, dengan koordinasi yang ketat antara Kemensos dan pemerintah daerah, memastikan distribusi berjalan lancar dan tepat sasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: