Usulan Pembentukan Enam Provinsi Daerah Otonomi Baru Pemekaran Wilayah Pulau Sulawesi Terus Menyala

Usulan Pembentukan Enam Provinsi Daerah Otonomi Baru Pemekaran Wilayah Pulau Sulawesi Terus Menyala

Usulan Pembentukan Enam Provinsi Daerah Otonomi Baru Pemekaran Wilayah Pulau Sulawesi Terus Menyala.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Dengan jumlah penduduk sekitar 701.000 jiwa, atau sekitar 25% dari total penduduk Sulawesi Tenggara, pembentukan provinsi ini diharapkan dapat memperkuat identitas dan potensi wilayah kepulauan sebagai pusat pariwisata, budaya, dan ekonomi maritim.

3. Provinsi Luwu Raya

Provinsi Luwu Raya adalah salah satu usulan pemekaran wilayah dari Sulawesi Selatan, mencakup Kabupaten Luwu Utara, Luwu Timur, Luwu, Kota Palopo, dan Kabupaten Luwu Tengah (yang juga merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Luwu). 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sulawesi Utara: Intip Profil dan Potensi Daerah Otonomi Baru Provinsi Nusa Utara

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sulawesi Utara: Kabupaten Minahasa Bakal Bentuk Lima Kabupaten Kota Daerah Otonomi Baru

Provinsi ini diusulkan memiliki ibu kota di Kota Palopo dengan luas wilayah sekitar 17.602 km² atau sekitar 38,83% dari luas Sulawesi Selatan.

Luwu Raya dikenal sebagai kawasan yang kaya akan sumber daya alam, terutama di sektor pertanian dan pertambangan. 

Potensi wilayah ini untuk berkembang sangat besar, terutama dalam pengelolaan sumber daya alam secara efisien dan peningkatan infrastruktur yang lebih terencana.

4. Provinsi Bolaang Mongondow Raya

Provinsi Bolaang Mongondow Raya diusulkan untuk dimekarkan dari Sulawesi Utara, dengan wilayah yang mencakup Kabupaten Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, dan Kota Mongondow. 

Dengan luas wilayah sekitar 7.676 km² atau sekitar 52,93% dari luas Sulawesi Utara, provinsi ini akan beribu kota di Kota Mongondow.

Dengan sumber daya alam yang melimpah, terutama di sektor pertanian dan perkebunan, wilayah ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai pusat ekonomi yang mandiri dan berdaya saing tinggi. 

Pemekaran provinsi ini diharapkan akan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di seluruh daerah, meningkatkan akses pendidikan, serta memperkuat ekonomi berbasis sumber daya lokal.

5. Provinsi Nusa Utara

Provinsi Nusa Utara merupakan usulan pemekaran dari Sulawesi Utara, terdiri dari Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sitaro (Siau Tagulandang Biaro), Kepulauan Talaud, Kota Melonguane, dan Kabupaten Kepulauan Talaud Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: