Nostalgia Pikap Chevrolet LUV: Kendaraan Klasik dengan Daya Tahan Luar Biasa

Nostalgia Pikap Chevrolet LUV: Kendaraan Klasik dengan Daya Tahan Luar Biasa

Nostalgia Pikap Chevrolet LUV: Kendaraan Klasik dengan Daya Tahan Luar Biasa. foto : Wikipedia--

Isuzu Florian, sebuah sedan karya desainer Italia Giorgetto Giugiaro, menjadi basis desain Chevrolet LUV generasi pertama. Desain ini tak hanya memikat konsumen di Amerika Serikat, tetapi juga di pasar internasional.

Di Australia, Chevrolet LUV dikenal sebagai Holden Rodeo, di Eropa sebagai Bedford KB, di Jepang dan Thailand sebagai Isuzu Faster, dan untuk pasar global, tetap menggunakan nama Chevrolet LUV.

BACA JUGA:Debut Kawasaki MULE PRO-DXT UV di Indonesia Pakai Mesin Diesel 993 cc Siap Taklukkan Medan Off-road

BACA JUGA:BYD Denza D9: MPV Mewah yang Menawan Hadir di Indonesia

Chevrolet LUV resmi masuk ke pasar Indonesia pada tahun 1975 melalui PT Garmak Motor. Pikap ini hadir dalam tiga varian: KBD20 (short chasis), KBD25 (long chasis), dan KBD40 (4WD).

Setiap varian menawarkan pilihan mesin bensin dan diesel, yang pada saat itu dianggap sangat fleksibel untuk berbagai kebutuhan niaga.

Mesin bensin pada LUV menggunakan kode G161 dengan kapasitas 1.600 cc, menghasilkan tenaga 67 HP dan torsi 110 Nm.

Sedangkan versi dieselnya menggunakan mesin berkode C190 dengan kapasitas 1.970 cc, tenaga 60 HP, dan torsi maksimal 113 Nm.

BACA JUGA:Mengungkap Kehebatan BYD Denza Z9 GT: Mobil Listrik dengan Performa Luar Biasa

BACA JUGA:Volkswagen Bakal Tutup Pabrik di Jerman: Siapkan Dana 4 Miliar Euro untuk PHK Karyawan

Performa ini membuat Chevrolet LUV menjadi pilihan utama untuk kendaraan niaga di zamannya, sehingga tidak heran banyak unit LUV dimodifikasi menjadi pikap karoseri, double cabin, hingga wagon.

Salah satu keunggulan Chevrolet LUV adalah daya tahannya yang luar biasa. Mesinnya terkenal tangguh, dengan sasis yang kuat dan bodi tebal.

Pikap ini bahkan sanggup mengangkut beban hingga lebih dari 2 ton, menjadikannya kendaraan yang sangat handal di berbagai medan berat.

Desainnya juga tak kalah menarik. Generasi pertama Chevrolet LUV hadir dengan dua lampu bulat khas kendaraan tahun 1970-an, dipadu dengan gril hitam horizontal.

BACA JUGA:Diprediksi Meluncur Akhir Tahun Ini Hyundai Creta dengan Tipe N Line yang Lebih Garang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: