38 Ribu Warga Air Sugihan Kabupaten OKI Bakal Nikmati Air Bersih: Kolaborasi Iskandar dan Ishak Mekki

38 Ribu Warga Air Sugihan Kabupaten OKI Bakal Nikmati Air Bersih: Kolaborasi Iskandar dan Ishak Mekki

38 Ribu Warga Air Sugihan Kabupaten OKI Bakal Nikmati Air Bersih: Kolaborasi Iskandar dan Ishak Mekki.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - 38 Ribu Warga Air Sugihan Kabupaten OKI Bakal Nikmati Air Bersih: Kolaborasi Iskandar dan Ishak Mekki.

Harapan besar bagi 38 ribu warga di Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) untuk menikmati akses air bersih mulai menampakkan titik terang. 

Setelah bertahun-tahun mengalami kesulitan mendapatkan air bersih, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemkab OKI, akan segera mewujudkan impian mereka dengan membangun Sarana Pengelolaan Air Minum (SPAM) yang direncanakan mulai dibangun pada tahun 2025.

Djunaidi Mustafa, perwakilan dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Selatan (BPPWS Sumsel), menyatakan bahwa survei lapangan telah dilakukan sebagai tindak lanjut dari rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi V DPR RI dengan Kementerian PUPR. 

BACA JUGA:Anggota DPR RI Ishak Mekki: Sejumlah Usulan Pembangunan Kabupaten OKI Direalisasikan Tahun 2025

BACA JUGA:Ishak Mekki Siap Bertarung di Pilgub Sumsel 2024 Jika Ditugaskan Partai Demokrat

"Kami hadir di sini untuk mengecek kondisi lapangan dan persiapan terkait pembangunan SPAM Air Sugihan yang akan dimulai konstruksinya tahun depan," ujarnya di Air Sugihan, Jumat (27/9/2024).

Menurut Djunaidi, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai konstruksi, termasuk ketersediaan lahan, jumlah pelanggan potensial, serta dukungan dari berbagai pihak terkait. 

Salah satu tantangan utama adalah memastikan sarana dan prasarana yang ada dapat mendukung pelaksanaan proyek ini dengan baik.

“Alhamdulillah, untuk pengelolaan air baku sudah didukung oleh PT OKI Pulp, jadi yang perlu disiapkan sekarang adalah Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan booster-nya. Sambungan rumah bisa didukung oleh pemerintah daerah," jelasnya.

BACA JUGA:Pilkada OKI 2024: Muchendi-Supriyanto Ajak Adu Program dan Solusi untuk Membangun Daerah

BACA JUGA:Pilkada OKI 2024: Muchendi-Supriyanto Sebut Nomor Urut 2 Bermakna Victory dan Lambang dari Keseimbangan

Distribusi Air Bersih ke 10 Ribu Rumah Tangga di Air Sugihan

Rencana pembangunan SPAM ini tidak hanya menjadi angin segar bagi ribuan warga di Air Sugihan, tetapi juga menjadi solusi atas masalah yang telah lama membelenggu mereka. 

Tim yang bertugas di lapangan melaporkan bahwa air bersih akan dialirkan ke sekitar 10.000 rumah tangga yang tersebar di 18 desa di Kecamatan Air Sugihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: