Kenangan Nissan Patrol Dari Mobil Penyuluh Keluarga Berencana yang Kini Diburu Oleh Kolektor

Kenangan Nissan Patrol Dari Mobil Penyuluh Keluarga Berencana yang Kini Diburu Oleh Kolektor

Kenangan Nissan Patrol Dari Mobil Penyuluh Keluarga Berencana yang Kini Diburu Oleh Kolektor . foto:@facebook_Garasi Blackjack 4x4--

PALPOS,ID-Ketika Nissan pertama kali meluncurkan jip legendarisnya di Jepang pada September 1951, mereka mungkin tidak membayangkan bahwa mobil ini akan menjadi salah satu ikon dunia off-road.

Dikenal sebagai Nissan Safari di dalam negeri, dan Patrol di pasar internasional, kendaraan ini menjadi simbol ketangguhan yang mampu menaklukkan berbagai medan, dari pegunungan terjal hingga gurun pasir yang panas.

Dalam dunia yang didominasi oleh nama-nama besar seperti Toyota Land Cruiser, Patrol dengan gagah berdiri sebagai pesaing kuat, terutama dengan desain yang terus berkembang dan kemampuan off-road yang tak tertandingi.

Pada tahun 1980, Nissan merombak total desain Patrol dengan menghadirkan generasi ketiganya, yang dikenal sebagai Patrol MQ atau Patrol 130 di Australia.

BACA JUGA:Mewah dan Efisien, Toyota Innova Zenix Hadirkan Kenyamanan Maksimal untuk Keluarga

BACA JUGA:BJ-40 Made in Indonesia: BAIC Berambisi Jadikan Indonesia Pusat Produksi ASEAN

Di Indonesia, Patrol generasi ini mulai dijual pada tahun yang sama, tepat ketika Toyota Land Cruiser mulai menghilang dari pasar lokal.

Saat itu, Nissan masih dikenal dengan nama Datsun di Indonesia, dan Indokaya Nissan, sebagai agen tunggal pemegang merek, memperkenalkan Patrol sebagai satu-satunya kendaraan yang menggunakan merek Nissan di tanah air.

Patrol MQ memiliki desain yang berbeda jauh dari pendahulunya yang terinspirasi dari Jeep Willys.

Jika generasi awal Patrol menampilkan tampilan muka yang menyempit dengan fender depan yang lebar, maka Patrol generasi ketiga ini mengusung tampilan yang lebih tegas dan kotak.

BACA JUGA:MG4 EV: Pilihan Terbaik Kendaraan Listrik di Indonesia dengan Penjualan Meroket

BACA JUGA:Sanggupkah Mobil Listrik Melintasi Banjir dan Genangan Air?

Bentuknya mengingatkan pada kendaraan 4x4 tangguh lainnya seperti International Harvester Scout dan Ford Bronco, yang juga terkenal di era tersebut.

Dengan fasad depannya yang gagah, versi awal Patrol MQ mudah dikenali dari lampu depan bulat yang dipadukan dengan lampu sein yang terletak di bawahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: