Daihatsu Mira TR: Kombinasi Kecepatan dan Efisiensi dalam Kei Car.

Daihatsu Mira TR: Kombinasi Kecepatan dan Efisiensi dalam Kei Car.

Daihatsu Mira TR: Kombinasi Kecepatan dan Efisiensi dalam Kei Car.-Foto: @ facebook_Retro Car 70/80/90-

PALPOS.ID - Daihatsu Mira, mobil mungil yang dikenal sebagai kei car atau city car, pertama kali diluncurkan oleh Daihatsu Motor Co., Jepang, pada Juli 1980.

Nama "Mira" diambil dari bahasa Latin yang berarti "tujuan" atau "goal". Sejak diperkenalkan, Mira telah mengalami berbagai evolusi dan dikenal di berbagai belahan dunia dengan nama yang berbeda, seperti Daihatsu Handivan di Australia, Daihatsu Charade, Daihatsu Cuore, Daihatsu Domino, Norkis Legacy di Filipina, Daihatsu Ceria di Indonesia, hingga Perodua Kancil di Malaysia.

Mira hadir dalam empat varian utama, yaitu Mira, Mira AVY, Mira Gino, dan Mira VAN. Setiap varian memiliki ciri khasnya masing-masing, dengan desain yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan berbagai segmen pasar.

Salah satu model yang paling dikenal adalah Daihatsu Mira TR (4WD) 1998, yang juga disebut sebagai Daihatsu Cuore TR (AeroPackage, J) dalam versi Eropa.

BACA JUGA:Dari Medan Perang ke Koleksi Eksklusif: Pesona Alfa Romeo 1900 Matta

BACA JUGA:Mengapa Kode Ban Penting? Ini Cara Membaca dan Memahaminya!.

Mobil ini merupakan varian jalan raya yang menghadirkan kombinasi unik antara efisiensi bahan bakar, ukuran yang kompak, serta performa yang mumpuni.

Pada tahun 1997, Mira generasi keempat menutup perjalanan produksinya setelah diperkenalkan pertama kali pada tahun 1994.

Model ini hadir dalam pilihan bodi tiga dan lima pintu, serta opsi penggerak dua atau empat roda.

Mesin yang digunakan adalah mesin tiga silinder dengan teknologi double overhead camshaft (DOHC) yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 55 BHP pada 7.000 rpm.

BACA JUGA:Pakai Baterai Lithium-Ion dan Tenaga 227 PS. Toyota Camry XV80 Kini Lebih Irit dan Bertenaga!

BACA JUGA:Dodge Challenger SRT Demon 170: Edisi Terakhir yang Paling Buas.

Versi penggerak empat roda menawarkan sedikit peningkatan pada torsi, mencapai 55 lb/ft pada 4.000 rpm, serta dilengkapi dengan suspensi belakang lima tautan yang meningkatkan kestabilan dan kenyamanan berkendara.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1998, Daihatsu Mira mengalami pembaruan besar-besaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: