Edukasi kreator muda 'Creators Lab', Bantu Promosi Pariwisata dan Produk UMKM Lokal dengan Menjadi Affiliate C

Edukasi kreator muda 'Creators Lab', Bantu Promosi Pariwisata dan Produk UMKM Lokal dengan Menjadi Affiliate Content Creator-Foto:dokumen palpos-
BISNIS, PALPOS.ID - TikTok Shop by Tokopedia bersama Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) menghadirkan program edukasi kreator muda 'Creators Lab' di lebih banyak wilayah, mulai dari Palembang hari ini (11/03/2025), dan akan berlanjut ke Medan, Bandung, Bali, Makassar, serta Lombok.
Program ini menyasar ribuan mahasiswa/i politeknik pariwisata (poltekpar) dan berisi pelatihan komprehensif menjadi affiliate content creator, yang diharapkan bisa membantu promosi pariwisata lokal sekaligus memasarkan produk UMKM indikasi geografis, khususnya yang ada di TikTok Shop.
Creators Lab pertama kali digelar oleh TikTok Shop pada pertengahan tahun 2024 di Surabaya bersama Pemkot Surabaya dan Surabaya Next Leader, lalu berlanjut di Tegal bersama BNI, Solo bersama Difabel Berdaya Solo, Jakarta bersama Rumah BUMN BRI dan Nasari Digital, serta di Bekasi bersama Kemenekraf RI. Pada tahun 2024, sudah ada ratusan kreator muda yang diberdayakan lewat Creators Lab.
1 Creators Lab bantu majukan pariwisata dan UMKM lokal Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas SDM Aparatur dan Pendidikan Vokasi Kementerian Pariwisata, Andar Danova L. Goeltom, mengatakan, "Di era digital, platform teknologi punya peran penting dalam hal promosi pariwisata lokal dan produk unggulan berbasis geografis.
BACA JUGA:BRI Dukung Regulasi Baru DHE SDA, Optimalkan Devisa Ekspor dan Perkuat Stabilitas Ekonomi
BACA JUGA:Mudik Lebih Awal, KAI Divre III Palembang Hadirkan Promo Diskon Tiket 25% untuk KA Sindang Marga
Kami sangat mengapresiasi TikTok Shop by Tokopedia yang menghadirkan Creators Lab di berbagai daerah dengan pariwisata dan UMKM indikasi geografis berpotensi.
Lewat inisiatif ini, akan lebih banyak anak muda yang bisa berkreasi membuat konten video berpenghasilan, daerah pariwisata juga makin dikenal sehingga mendatangkan lebih banyak pelancong, UMKM setempat pun dapat meningkatkan penjualan."
Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Vonny Susamto, menyatakan "Affiliate content creator bisa meningkatkan minat beli produk para penjual di TikTok Shop, termasuk UMKM indikasi geografis.
Setelah berkolaborasi dengan kreator naungan Creators Lab, sejumlah penjual di Pasar Tanah Abang, misalnya, mengalami peningkatan nilai transaksi rata-rata hampir 9,5 kali lipat.
BACA JUGA:Proyek-Proyek Strategis PGN Tahun Ini Mulai Tancap Gas
2 Melalui Creators Lab bersama Kemenpar, kami berupaya membekali mahasiswa poltekpar dengan keahlian dalam membuat konten di TikTok, sehingga mereka memiliki modal untuk bersaing di era digital.
Harapannya, setelah ini kami dapat mempertemukan UMKM indikasi geografis di berbagai wilayah pariwisata, dengan kreator muda relevan dari poltekpar, agar mereka bisa berkolaborasi menaikkan TikTok Shop by Tokopedia tingkatkan daya saing affiliate content creator Untuk membantu generasi muda menjadi affiliate content creator yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, TikTok Shop by Tokopedia menghadirkan berbagai sesi pelatihan di Creators Lab, termasuk yang berlangsung berkat kerja sama dengan Kemenpar untuk mahasiswa/i poltekpar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: