Menguak Usulan Awal Toyota Sequoia 1990: SUV V8 Bertenaga yang Gagal Lahir di Masanya.

Menguak Usulan Awal Toyota Sequoia 1990: SUV V8 Bertenaga yang Gagal Lahir di Masanya.

Menguak Usulan Awal Toyota Sequoia 1990: SUV V8 Bertenaga yang Gagal Lahir di Masanya. -Foto: @facebook_AI automotive art-

Toyota tak hanya memberikan Sequoia mesin mewah, tetapi juga dua opsi transmisi: manual 5 percepatan untuk pengemudi yang menginginkan kontrol penuh, dan otomatis 4 percepatan bagi mereka yang lebih mengutamakan kenyamanan.

Kombinasi ini menunjukkan betapa seriusnya Toyota dalam menarget pasar SUV luas yang memiliki berbagai selera—dari off-roader sejati hingga keluarga urban yang hanya ingin tampilan gagah dan kabin lega.

BACA JUGA:eep Gladiator 1960-an: Sang Petarung Jalanan dari Era Keemasan Otomotif Amerika.

BACA JUGA:Buick LeSabre GS-X Kembali Menggebrak: Sedan Legendaris Bangkit dengan V8 Beringas hingga 690 HP!

Antara T100 dan Land Cruiser: Ukuran yang Cermat

Dalam hal dimensi, prototipe Sequoia berada di tengah-tengah: lebih besar dari pickup T100 milik Toyota, tetapi sedikit lebih kecil dibandingkan SUV Amerika ukuran penuh saat itu.

Pendekatan ini agaknya sengaja dipilih Toyota untuk menyeimbangkan antara kepraktisan dan manuverabilitas.

Mereka ingin menawarkan kendaraan yang cukup besar untuk keluarga dan petualangan, tetapi masih bisa bermanuver di jalan-jalan kota tanpa terasa seperti mengendarai truk militer.

Ambisius, Tapi Terlambat

Sayangnya, meskipun desain dan spesifikasi teknisnya menjanjikan, proyek Sequoia tahun 1990 tak pernah sampai ke jalur produksi. Prototipe tersebut dikubur dalam arsip-arsip rahasia Toyota, mungkin karena beberapa alasan strategis.

Pertama, saat itu Toyota masih mengandalkan Land Cruiser sebagai ujung tombak mereka di segmen SUV premium.

Kehadiran Sequoia bisa saja dianggap mengancam posisi Land Cruiser, atau membuat pasar menjadi tumpang tindih.

Kedua, pasar SUV Amerika kala itu memang sudah jenuh oleh dominasi merek lokal, dan Toyota tampaknya belum siap untuk menginvestasikan besar-besaran dalam membangun fasilitas produksi SUV ukuran penuh.

Akibatnya, proyek Sequoia ditunda—bahkan nyaris dilupakan.

Baru pada awal tahun 2000, setelah melihat potensi besar di segmen SUV full-size yang terus berkembang, Toyota akhirnya memperkenalkan Sequoia yang kita kenal sekarang, dengan basis dari truk Tundra dan berbagai fitur modern yang memenuhi ekspektasi pasar saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: