Genera-Z Berbakti dari Bakti BCA: Ide Generasi Muda Jaga Alam dan Budaya Desa Wisata Dayun

Genera-Z Berbakti dari Bakti BCA: Ide Generasi Muda Jaga Alam dan Budaya Desa Wisata Dayun

Genera-Z Berbakti dari Bakti BCA: Ide Generasi Muda Jaga Alam dan Budaya Desa Wisata Dayun-Foto:dokumen palpos-

PALPOS.ID - Desa Wisata Dayun di Kabupaten Siak, Riau, menyimpan potensi luar biasa sebagai pusat ekowisata berbasis lahan gambut dan hutan rawa.

Namun, keberlanjutannya menghadapi tantangan besar akibat pertumbuhan penduduk, alih fungsi lahan, kebakaran hutan, serta perubahan hidrologi dan iklim yang terus meningkat.

Menjawab tantangan ini, program Genera-Z Berbakti dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA) hadir membawa semangat perubahan melalui peran aktif generasi muda.

Genera-Z Berbakti merupakan program dengan konsep call for proposal untuk kelompok mahasiswa/i yang memiliki antusiasme terhadap pengembangan masyarakat di lokasi desa binaan Bakti BCA.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Selatan: Kabupaten R2L dan Gelumbang Siap Pisah dari Muara Enim

BACA JUGA:Pengendara Pemula Wajib Simak 5 Kunci Aman Berkendara Ini!

Sebanyak empat tim dengan proposal terbaik akan mendapatkan pendanaan serta pembinaan dari Bakti BCA.

Desa Wisata Dayun sendiri menjadi salah satu lokasi tujuan dari program Genera-Z Berbakti.

Dua tim mahasiswa yang terpilih menjadi finalis untuk mengabdi di Desa Wisata Dayun adalah tim Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Andalas (UNAND).

Tim UGM: Mengangkat UMKM dan Budaya Menuju Pariwisata Berkelanjutan Tim UGM yang terdiri dari 12 orang mahasiswa lintas fakultas mengusung tema “Optimalisasi Pengembangan Wisata Berbasis Digital Dan Pusat Budaya Melayu Melalui Peningkatan Kualitas SDM: Dari Realitas Menuju Koneksi Virtual Di Desa Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Provinsi Riau”.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Selatan: Calon Kabupaten Gelumbang dengan 6 Kecamatan Siap Bergabung

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Selatan: Usulan Pembentukan 10 Kabupaten dan Kota Baru Menuju Pemerataan Pembanguna

Dalam proposal mereka, tim UGM menyoroti potensi budaya lokal serta produk-produk lokal yang dapat dioptimalkan untuk mendukung sektor pariwisata.

Dengan pendekatan inovatif berbasis pemberdayaan dan pendampingan dalam bidang manajemen wisata, teknologi digital, dan pemasaran berbasis budaya lokal, tim ini menyusun program pelatihan digital marketing dan storytelling budaya sebagai strategi untuk memperluas pasar serta meningkatkan pariwisata dan ekonomi lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: