Optimalisasi Pelayanan Komunikasi, Hadirkan Inovasi Lapor Membara

Optimalisasi Pelayanan Komunikasi, Hadirkan Inovasi Lapor Membara

Optimalisasi Pelayanan Komunikasi, Hadirkan Inovasi Lapor Membara -Foto:dokumen palpos-

MUARA ENIM, PALPOS.ID - Pemerintah Kabupaten Muara Enim, terus berinovasi meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Salah satu terobosan terbaru yaitu hadirnya  program LAPOR Membara (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Muara Enim Bangkit, Sejahtera, Maju dan Berkelanjutan).

Melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Muara Enim, program inovasi tersebut telah diluncurkan Bupati Muara Enim H Edison, bertujuan mengakomodir kebutuhan masyarakat akan pelayanan komunikasi dengan menjembatani komunikasi dua arah secara bottom-up dari masyarakat ke pemerintah dan disampaikan kembali ke masyarakat berbasis media komunikasi publik daring.

Kepala Bidang Komunikasi Publik, Diskominfo-SP Kabupaten Muara Enim, Zeno Zasman SSos MIKom, menjelaskan bahwa program ini sebagai bentuk aksi perubahan kinerja organisasi dengan merespon kebutuhan masyarakat akan layanan pengaduan yang cepat, transparan dan responsif. 

BACA JUGA:Bucubucu Gelar Aksi Bersih di Taman Adipura

BACA JUGA:Jalan Rusak Parah, Truk Batu Bara Terguling

Menurutnya melalui program ini seluruh komentar masyarakat di media sosial atau media komunikasi publik yang dikelola oleh Pemkab Muara Enim tidak akan diabaikan melainkan ditelaah untuk kemudian ditanggapi langsung oleh Bupati ataupun Wakil Bupati melalui tayangan video yang dipublikasikan kembali ke media sosial.

"Dengan demikian pelayanan komunikasi publik yang sebelumnya hanya bersifat satu arah dari pemerintah ke masyarakat diubah menjadi dua arah yang dimulai dari masyarakat sehingga mewujudkan pemerintahan yang demokratis, responsif, terbuka dan melayani," ujar Zeno, Minggu 29 Juni 2025.

Zeno menjelaskan, dalam mekanismenya masyarakat dapat menyampaikan berbagai aspirasi, keluhan, dan laporan secara langsung kepada pemerintah daerah melalui media sosial Pemkab Muara Enim seperti instagram, facebook, tiktok ataupun youtube.

Mantan Plt Kabid Humas dan Protokol ini, menjelaskan bahwa saat ini sudah ada 2 tayangan respon atau jawaban Bupati dan Wakil Bupati terkait laporan jalan rusak, pencemaran sungai, listrik dan pelantikan PPPK. 

BACA JUGA:Sadar Hukum Warga Lembak Serahkan Senpi Rakitan

BACA JUGA:Di Balik Seragam Polri, Ada Hati yang Peduli

"Semua laporan dan jawaban tentunya akan ditindaklanjuti sehingga program ini juga melibatkan perangkat daerah lainnya dalam rangka memastikan setiap laporan masuk diproses oleh perangkat daerah yang berwenang," ujarnya.

Terpisah, Bupati Muara Enim H Edison, mendukung hadirnya program Inovasi Lapor Membara sebagai terobosan di bidang komunikasi publik dalam upaya meningkatkan kualitas layanan melalui partisipasi masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: