Pemkab Muara Enim Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

BIMTEK : Pemkab Muara Enim menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kualitas Sistem Pengelolaan Pengaduan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!).-Foto:dokumen palpos-
MUARA ENIM, PALPOS.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim terus berupaya meningkatkan pelayanan publik terkait aduan masyarakat lewat kanal SP4N-LAPOR! yang dikelola organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Muara Enim.
Upaya tersebut melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kualitas Sistem Pengelolaan Pengaduan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang digelar Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP).
Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim, Ir. Yulius menjelaskan, perkembangan teknologi yang begitu pesat mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk melakukan perubahan dan perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan.
"Salah satunya melalui implementasi layanan SP4N-LAPOR! yang dikelola OPD," jelas Yulius didampingi Kepala Diskominfo SP Kabupaten Muara Enim, Ardian Arifanardi, Senin 7 Juli 2025.
BACA JUGA:Angkutan Batubara Meresahkan, Masyarakat Minta Terbitkan Perda
BACA JUGA:Tanam Kacang Tanah Untuk Ketahanan Pangan
Menurut Yulius, hal tersebut harus diimbangi dengan peningkatan kualitas SDM sebagai operator pengelola yang nantinya akan menjadi ujung tombak pelayanan publik kepada masyarakat.
"Untuk itu, kita mengapresiasi Diskominfo-SP atas telah terselenggaranya kegiatan Bimtek tersebut," ucapnya.
Yulius berharap dengan terselenggaranya Bimtek ini dapat meningkatkan pelayanan aduan masyarakat yang rata-rata tindaklanjutnya saat ini mencapai 99,8 persen laporan yang telah ditangani.
Ia berpesan kepada PPID pelaksana agar dapat mengelola informasi publik secara sederhana, tepat dan terkoordinasi dengan baik.
BACA JUGA:Angdes Bawa Ibu Hendak Melahirkan Terjebak Macet
BACA JUGA:Tekankan Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Anak
Dalam kesempatan itu juga, dilakukan penyerahan penghargaan kepada perangkat daerah yang dinilai responsif dalam menanggapi aduan masyarakat pada kanal SP4N-LAPOR!, yaitu
Terbaik I Inspektorat, terbaik II PDAM Lematang Enim dan terbaik III Satpol PP.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: