Honda Civic SiR EK4 1999: Si Hatchback Legendaris dengan Mesin DOHC VTEC 1.6 yang Tak Lekang Zaman

Honda Civic SiR EK4 1999: Si Hatchback Legendaris dengan Mesin DOHC VTEC 1.6 yang Tak Lekang Zaman. Foto: @facebook_Retro Car 70/80/90--
Honda membekalinya dengan mesin legendaris B16A2, berkapasitas 1.6 liter, 4 silinder segaris, DOHC, dengan teknologi VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control).
Output standarnya mencapai 170 PS pada 7.800 rpm dan torsi 157 Nm pada 7.300 rpm — angka yang luar biasa untuk mesin 1.6 liter naturally aspirated di masanya.
Karakteristiknya khas mesin Honda: tenang di putaran rendah, menggila di atas 6.000 rpm ketika sistem VTEC aktif.
BACA JUGA:Ertiga Berlogo Toyota? Begini Strategi Baru Dua Raksasa Jepang di Dunia Otomotif
BACA JUGA:Astra Motor Sumsel Ajak Komunitas Honda Rasakan Sensasi Nocturnity Riding di Palembang
Saat katup-katup ganda mulai bekerja penuh, suara mesin berubah lebih kasar dan responsif — sensasi yang membuat banyak penggemar jatuh cinta.
Mesin B16A2 ini juga dikenal tahan banting dan mudah dimodifikasi.
Banyak pemilik Civic SiR EK4 melakukan upgrade seperti mengganti camshaft, throttle body lebih besar, hingga menggunakan ECU standalone untuk memaksimalkan performa.
Dengan sedikit sentuhan, tenaga bisa tembus di atas 200 hp — tanpa harus menambah turbo!
BACA JUGA:VinFast Limo Green: MPV Listrik 7-Seater Penantang Toyota Innova Zenix
BACA JUGA:Beda Tipis, Fitur Nggak Tipis! Ini Perbandingan Yamaha Aerox Rp 33 Juta vs Rp 41 Juta
Transmisi Manual yang Presisi
Civic SiR EK4 menggunakan transmisi manual 5-percepatan close-ratio. Karakter transmisi ini sangat khas: ringan, pendek, dan presisi.
Rasio gigi yang rapat membuat mobil ini cepat berakselerasi di setiap perpindahan gigi, cocok untuk balapan atau sekadar menikmati jalan berliku di pegunungan.
Clutch-nya ringan, namun memiliki engagement point yang jelas.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: