Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, 2 Opsi Pemekaran Kabupaten Sambas Daerah Provinsi Sambas Raya

Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, 2 Opsi Pemekaran Kabupaten Sambas Daerah Provinsi Sambas Raya

Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Calon Otonomi Baru Sambas Raya Berbatasan Langsung dengan Malaysia.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SAMBAS, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Kalimantan Barat, 2 opsi pemekaran Kabupaten Sambas calon daerah Provinsi Sambas Raya.

Diketahui, untuk pembentukan Provinsi Sambas Raya ini baru ada 1 kota dan 2 kabupaten bergabung, yakni Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas.

Karena masih kekurangan daerah sebagai syarat pembentukan provinsi baru, maka ada dua opsi pemekaran Kabupaten Sambas sebagai solusi mencukupi minimal 5 daerah bergabung.

Kedua opsi itu yakni sesuai rencana Forum Masyarakat Peduli Pantai Utara atau Formaptura, Kabupaten Sambas akan bentuk Kabupaten Sambas Utara dan Kabupaten Sambas Pesisir.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Calon Provinsi Sambas Raya Berbatasan Langsung Dengan Malaysia

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, 6 Keunikan Provinsi Dengan Motto Akcaya

Akan tetapi dalam perkembangan politiknya, ada opsi lain yakni Kabupaten Sambas akan melakukan pemekaran dengan membentuk 1 kota dan 2 kabupaten baru.

Yakni membentuk Kota Sambas yang nantinya akan dijadikan sebagai ibukota Provinsi Sambas Raya, menggantikan calon ibukota provinsi sebelumnya Kota Singkawang.

Kemudian, dua kabupaten DOB yakni Kabupaten Sambas Pesisir beribukota di Kecamatan pemangkat, dan Kabupaten Sambas Darul Makmur beribukota di Kecamatan Paloh.

Namun pada intinya, Provinsi baru yakni Provinsi Sambas Raya ini harus segera terwujud. Mengingat wilayah itu masuk dalam beranda depan NKRI, serta kalah bersaing dengan Serawak bagian dari Negara Malaysia.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Ini Fakta Menarik Provinsi Dengan Motto Tak Kunjung Binasa

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Ini Profil Singkat Provinsi Penghasil Karet dan Kelapa Sawit

Update terbaru! Pemekaran wilayah Provinsi Kalimantan Barat Usul Bentuk 3 Provinsi Baru, semua kurang syarat.

Dengan luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat 147.307 kilometer persegi, Provinsi Kalimantan Barat merupakan provinsi terluas ketiga di Indonesia setelah Provinsi Papua dan Provinsi Kalimantan Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: