Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Ini Fakta Menarik Provinsi Dengan Motto Tak Kunjung Binasa

Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Ini Fakta Menarik Provinsi Dengan Motto Tak Kunjung Binasa

Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Ini Fakta Menarik Provinsi Dengan Motto Tak Kunjung Binasa.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

PONTIANAK, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Kalimantan Barat, ini fakta menarik provinsi dengan motto Tak Kunjung Binasa tersebut.

Dimana Provinsi Kalimantan Barat dengan motto Akcaya yang berarti Tak Kunjung Binasa ini diketahui usul bentuk 3 provinsi baru, meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat.

Diantaranya Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Dimana, panjang Sungai Kapuas mencapai 1.143 kilometer dan menjadi salahsatu jalur transportasi utama di provinsi ini.

Selain itu ada juga budaya keris yang menjadi senjata tradisional dengan makna khusus di Provinsi Kalimantan Barat. Dan keris sering digunakan dalam berbagai upacara adat dan memiliki nilai simbolis yang tinggi di provinsi ini.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Ini Profil Singkat Provinsi Penghasil Karet dan Kelapa Sawit

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat Berbatasan Dengan Negara Malaysia Dan Laut Jawa

Update terbaru! Pemekaran wilayah Provinsi Kalimantan Barat Usul Bentuk 3 Provinsi Baru, semua kurang syarat.

Dengan luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat 147.307 kilometer persegi, Provinsi Kalimantan Barat merupakan provinsi terluas ketiga di Indonesia setelah Provinsi Papua dan Provinsi Kalimantan Tengah.

Pemekaran wilayah dirasa sangat realistis meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat. Apalagi jumlah penduduk Provinsi Kalimantan Barat 5.541.376 jiwa sesuai data BPS tahun 2022 yang lalu.

Akan tetapi, dari ketiga usulan provinsi baru itu, ternyata semuanya kurang syarat minimal 5 daerah. Adapun wacana pembentukan 3 provinsi DOB pemekaran Provinsi Kalimantan Barat tersebut, yakni sebagai berikut:

BACA JUGA:UPDATE TERBARU! Pemekaran Wilayah Provinsi Kalimantan Barat Usul Bentuk 3 Provinsi Baru, Semua Kurang Syarat

BACA JUGA:Desa Miliarder di Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah, Rumah 2 Lantai Penghasilan Miliaran

1. Provinsi Sambas Raya

Salahsatunya usulan Provinsi Sambas Raya pemekaran Provinsi Kalimantan Barat atau Provinsi Kalbar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: