Dalil Hukum dan Ketentuan Pelaksanaan Kurban

Selasa 23-05-2023,16:24 WIB
Reporter : Oma Ina
Editor : Erika

BACA JUGA:Menolak Lupa! Sejarah Integrasi Papua ke Republik Indonesia

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا عَمِلَ آدَمِيٌّ مِنْ عَمَلٍ يَوْمَ النَّحْرِ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ مِنْ إِهْرَاقِ الدَّمِ إِنَّهَا لَتَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَشْعَارِهَا وَأَظْلَافِهَا وَأَنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنْ اللَّهِ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ مِنْ الْأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

Artinya: ‘’Tidak ada suatu malam yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah SWT dari menyembelih hewan. 

Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah SWT, sebelum menetes ke tanah.

BACA JUGA:Wacana Bentuk Provinsi Daerah Otonomi Baru Pemekaran Provinsi Jawa Barat, Namanya Provinsi Pakuan Bhagasasi

Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya.’’ (Hadis Hasan, riwayat al-Tarmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117).

2. Ayat Al-Quran tentang Kurban 

Dalam Al-Quran Surah Al-Hajj ayat 34 dijelaskan tentang tuntunan setiap umat agar berkurban, yang berbunyi: 

BACA JUGA:Dumptruk Batubara Bablas Tabrak Motor dan Mitsubishi Triton di Tanjung Enim, 1 Meninggal

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنسَكًا لِّيَذْكُرُوا۟ ٱسْمَ ٱللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُم مِّنۢ بَهِيمَةِ ٱلْأَنْعَٰمِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَٰحِدٌ فَلَهُۥٓ أَسْلِمُوا۟ ۗ وَبَشِّرِ ٱلْمُخْبِتِينَ

Wa likulli ummatin ja'alnā mansakal liyażkurusmallāhi 'alā mā razaqahum mim bahīmatil-an'ām, fa ilāhukum ilāhuw wāḥidun fa lahū aslimụ, wa basysyiril-mukhbitīn.

Artinya: ‘’Dan bagi setiap umat Kami berikan tuntunan berkurban agar kalian mengingat nama Allah SWT atas rizeki yang dilimpahkan kepada kalian berupa hewan-hewan ternak (bahiimatul an’aam).’’ (QS. Al Hajj:34).

BACA JUGA:Wako Harnojoyo Minta Masyarakat Daftarkan Karya ke HAKI

Hakikat Idul Adha

Menyembelih hewan ketika Idul Adha pada hakikatnya adalah bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT agar mendapatkan keridhaan-Nya. 

Dalam dimensi sosial, hal tersebut memiliki tujuan agar bisa turut membahagiakan saudara kita yang kurang beruntung di Hari Raya Idul Adha. 

Kategori :