Kadivmin Kemenkumham Sumsel Tinjau Kesiapan Lapas Muara Enim untuk Penilaian Pelayanan Publik Kelompok Rentan

Minggu 25-08-2024,20:28 WIB
Reporter : Septi
Editor : Bambang

Aspek Aksesibilitas Informasi dan Komunikasi: Evaluasi terhadap cara informasi disampaikan dan komunikasi dilakukan dengan kelompok rentan.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Kaji Solusi Atasi Judi Online di kalangan ASN

BACA JUGA: Syukuran HUT Pengayoman ke-79 Kemenkumham Sumsel: Momen Introspeksi dan Komitmen untuk Maju

Aspek Akamodasi yang Layak: Menilai ketersediaan dan kualitas fasilitas yang mendukung kebutuhan kelompok rentan, seperti ruang laktasi dan toilet disabilitas.

Aspek Sumber Daya: Melihat ketersediaan sumber daya manusia dan materi yang memadai untuk mendukung pelayanan publik ramah kelompok rentan.

Kadivmin bersama tim melakukan pengecekan komprehensif terhadap berbagai fasilitas di Lapas Muara Enim.

Mereka memeriksa jalur pemandu (guiding block) untuk memudahkan navigasi bagi penyandang disabilitas, loket prioritas untuk pelayanan khusus, serta ruang laktasi bagi ibu menyusui.

BACA JUGA: 79 Tahun Mengabdi, Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara Peringatan Puncak HUT Pengayoman

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Ikuti Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih

Selain itu, mereka juga mengevaluasi area parkir khusus, jalan landai (ramp) untuk aksesibilitas, area ramah anak, ruang tunggu dengan tempat duduk yang nyaman dan area prioritas, serta fasilitas toilet disabilitas.

Alat bantu mobilitas dan komunikasi juga diperiksa untuk memastikan bahwa semua kebutuhan kelompok rentan dapat terpenuhi.

Pada kesempatan tersebut, Kadivmin Rahmi Widhiyanti juga memberikan apresiasi terhadap Lapas Muara Enim yang terpilih sebagai salah satu lokus penilaian.

Ia berharap agar Lapas Muara Enim dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam penilaian nanti.

BACA JUGA: Kadivpas Kemenkumham Sumsel Hadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Griya Agung

BACA JUGA: Kakanwil Kemenkumham Sumsel Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-79

"Terpilihnya Lapas Muara Enim sebagai salah satu lokus penilaian ini tentunya merupakan suatu pencapaian yang membanggakan. Kami berharap, dengan persiapan yang matang, Lapas Muara Enim dapat memperoleh hasil yang terbaik dalam penilaian ini dengan memperhatikan semua aspek yang telah disebutkan," ujar Kadivmin.

Kategori :