Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Dinas Perikanan Palembang Sukses Digelar, Ini Dia Pemenangnya

Selasa 01-10-2024,20:46 WIB
Reporter : Mesi
Editor : Mesi

PALPOS.ID - Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Palembang sukses digelar.  Sebanyak tiga peserta ditetapkan sebagai pemenang dalam babak final yang berlangsung di Salatin Hotel Palembang, Selasa (1/10/2024).

Kompetisi ini digelar bertujuan untuk mendorong inovasi di sektor perikanan, khususnya dalam penerapan teknologi yang tepat guna dan ramah lingkungan.

Sebanyak 5 finalis bersaing menampilkan karya inovatif mereka di hadapan dewan juri, yang terdiri dari peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional, akademisi dan jurnalis. 


Kepala Bidang Pakan, Perbenihan, dan Keskanling Zuarsya SH MSi menyerahkan hadiah kepada Juara 2 Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Dinas Perikanan di Salatin Hotel Palembang, Selasa (1/10/2024).--ist

Kelima finalis tersebut sebelumnya telah melewati beberapa tahapan penilaian dan berhasil menyisihkan para peserta lainnya hingga berhak tampil pada babak final.

Setelah melalui proses penilaian yang ketat, dewan juri akhirnya mengumumkan tiga pemenang terbaik yang berhak atas hadiah berupa penghargaan dan uang tunai.

Juara pertama berhasil diraih oleh M Gusti Arya Priandana beserta tim yang mengembangkan teknologi FEECOS.ID (Feed Control Assistant). 

FEECOS.ID merupakan inovasi berbasis website di bidang perikanan yang ditujukan sebagai media informasi dan edukasi guna mengatasi masalah pemberian pakan untuk budidaya perikanan.


Fungsional Analis Akuakultur Dinas Perikanan Kota Palembang, Debby Meryani SP MSi menyerahkan hadiah kepada Juara 3 Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Dinas Perikanan Palembang, di Salatin Hotel Palembang, Selasa (1/10/2024).--ist

Juara kedua diraih oleh Maya Resta Kanya. Maya beserta timnya mempresentasikan tentang Aquachickponik sebagai solusi budidaya di lahan terbatas untuk mendukung kemandirian pangan.

Sementara itu juara ketiga diraih oleh Citra Kurnia Pramesti dan tim, yang memilih kapur dari cangkang kerang darah sebagai inovasi dalam pemanfaatan limbah untuk perikanan berkelanjutan.

Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang Drs. Ahmad Zazuli, M.Si melalui Sekretaris Dinas Perikanan Kota Palembang Drs. Romli dalam sambutannya memberikan apresiasi tinggi kepada para peserta atas ide-ide inovatif mereka. 

“Kami berharap teknologi-teknologi yang ditampilkan di lomba ini tidak hanya sekadar menjadi konsep, tetapi dapat diaplikasikan secara luas di lapangan untuk membantu pengembangan sektor perikanan di Palembang dan sekitarnya,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Pakan, Perbenihan, dan Keskanling Zuarsya SH MSi serta Fungsional Analis Akuakultur Dinas Perikanan Kota Palembang, Debby Meryani SP MSi, dan Fungsional Pengelola Kesehatan Ikan Dinas Perikanan Kota Palembang, Salvia Rani SPi MSi.

Zuarsya SH MSi, Kepala Bidang Pakan, Perbenihan, dan Keskanling menambahkan, kegiatan positif ini rencananya akan menjadi agenda tahunan Dinas Perikanan Palembang.

Kategori :