Film Pendek MAN 2 Lubuklinggau Masuk Nominasi Juara Favorit KFPI Nasional

Film Pendek MAN 2 Lubuklinggau Masuk Nominasi Juara Favorit KFPI Nasional

PALEMBANG, PALPOS-ID - Film pendek berjudul Zayna Argani karya MAN 2 Kota Lubuklinggau berhasil masuk nominasi juara favorit dalam Kompetisi Film Pendek Islami (KFPI) 2022 Tingkat Nasional. Pengumuman para nominasi juara disampaikan Ketua Tim Juri Nasional artis senior Christine Hakim, Kamis (7/7) malam, di Hotel Double Tree Jakarta.

Film yang disutradarai Adi Setiawan, pelatih seni MAN 2 Lubuklinggau ini mampu menarik perhatian dewan juri, hingga terpilih menjadi satu dari lima nominasi juara favorit. Film ini mewakili provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di tingkat nasional bersama dua film lainnya yaitu 3T (Tafakur, Tadabur, Tasyakur) dan Selop. 

"Total ada 99 film pendek Islami dari 33 provinsi yang dinilai oleh sepuluh dewan juri di tingkat nasional," kata tokoh perfilman ini. Christine menambahkan, dari 99 film tersebut dikerucutkan menjadi 33 film untuk kemudian dipilih lagi menjadi 6 juara terbaik dan 5 juara favorit. 

Adi kepada palpos.id mengaku sangat bersyukur karena berhasil membawa nama baik Sumsel.

"Jujur kami tidak menyangka film kami masuk salah satu nominasi di tingkat nasional, karena kami merasa banyak sekali film lain yang sangat berkualitas," katanya ketika dihubungi via whatsapp, Kamis (7/7) malam.

Untuk itu dirinya dan segenap anggota tim meminta dukungan dan support sebesar-besarnya dari warga Sumsel, semoga film Zayna Argani bisa mengharumkan nama Sumsel di tingkat nasional.

"Saya mewakili tim Zayna Argani produksi MAN 2 Lubuklinggau juga mengucapkan terima kasih kepada Kanwil Kemenag Sumsel, Kemenag Kota Lubuklinggau, Kepala MAN 2 Lubuklinggau dan seluruh panitia Sumsel yang turut serta memberikan support yang sangat luar biasa kepada kami," kata Adi.

Sementara itu Direktur pada Direktorat Penerangan Agama Islam Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Dr. H. Syamsul Bahri, M.Pd.I mengucapkan selamat kepada para nominasi. Bagi yang belum berhasil masuk nominasi, Syamsul meminta untuk jangan putus asa dan tetap berkarya mensyiarkan Islam.

"Kepada yang masuk nominasi berdoalah untuk mendapatkan yang terbaik. Bagi yang belum masuk nominasi jangan berkecil hati, tetap syukuri dan tetap berlomba-lombalah dalam kebaikan," katanya dalam pengumuman nominasi yang juga digelar secara virtual tersebut.

Adapun enam nominasi Juara 1, 2, 3 dan Harapan 1, 2 dan 3 adalah Doa yang Tersirat dari Sulawesi Tenggara, Penghulu di Hulu Sungai dari Kalimantan Utara, Seberkas Cinta dari Dita dari Yogyakarta, Piwulang (Jawa Tengah), Pejuang Surga (Lampung) dan Aldy (Aceh).

Sedangkan lima nominasi Juara Favorit adalah Zayna Argani (Sumsel), Aslam (Jawa Barat), Sinar Agama dalam Budaya (Jawa Timur), Gagal Paham (Sulawesi Tengah) dan Faizan (Bengkulu).

Pengumuman pemenang dan penganugerahan KFPI 2022 Tingkat Nasional menurut rencana akan digelar 22 Juli 2022 mendatang dengan dihadiri Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.(chy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenag ri